Water Purifier, Jernihkan Air untuk Warga di Pengungsian Pluit

 

Jakarta – Masalah Air bersih bukan masalah baru untuk warga Jakarta, apalagi pascabanjir seminggu yang lalu, beberapa warga di pengungsian masih merasakan kesulitan air bersih. Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) kali ini menurunkan unit penjernih air yang khusus didatangkan dari pusat logistik di Yogyakarta.

“Air bersih merupakan kebutuhan pokok warga di pengungsian pascabanjir ini, apalagi setelah kembali ke rumah, warga masih kesulitan air bersih yang layak untuk dikonsumsi” kata Farid Cahyanto yang bertugas sebagai operator ketika di Pluit Dalam Jakarta Pusat (25/1).

Alat tersebut dapat menetralisirkan air kotor  menjadi jernih yang layak dikonsumsi. Tim Relawan Muhammadiyah telah melakukan proses purifier di titik posko banjir Cengkareng Barat dan Pluit Dalam. Farid sebagai kordinator tim waterpurifier MDMC, memaparkan bagaimana ia melakukan penjernihan air untuk kebutuhan konsumsi air warga di pengungsian.

 “Air dari sebuah sumur yang keruh karena banjir disedot kemudian alirkan masuk ke dalam alat water purifier, lalu setelah melewati proses penjernihan, keluarlah air yang sudah dijernihkan.” Papar Farid yang asli Bantul, Yogyakarta ini.

Farid menambahkan bahwa warga korban banjir di pengungsian sangat senang sekali dengan adanya alat ini sehingga kebutuhan air untuk dikonsumsi dapat diperoleh dengan mudah.  Tim Penjernih air melayani warga jakarta hingga tanggal 31 januari 2013. (dzar)

Indeks Berita