Muhammadiyah Sikka Terus Mengajak Warga Bantu Pengungsi G. Rokatenda

 

Maumere – Maumere, ibu kota Kabupaten Sikka menjadi tujuan warga Pulau Palue untuk mengungsi akibat Erupsi Gunung Rokatenda (2/2). Menurut  Abdul Khaliq Ar Rasyid, Koordinator Posko Muhammadiyah di Maumere, jaringan Muhammadiyah di Kabupaten Sikka seperti sekolah  dan perguruan tinggi terus digerakkan untuk membantu warga Palue. Perbedaan agama dengan warga yang mengungsi tidak menjadi halangan, karena sekolah Muhammadiyah di Maumere 60 hingga 70 persen siswanya juga beragama Katolik atau Kristen. “Kami sudah lama berdampingan dan saling membantu” terang Rasyid , Jumat (8/2).

Menurut Rasyid, himbauan untuk membantu warga Pulau Palue yang mengungsi ini dilakukan juga untuk membantu pemerintah daerah yang awalnya sempat kerepotan mendata pengungsi. “Mereka mengevakuasi diri, tinggal di rumah rumah penduduk di beberapa kecamatan, ada yang satu rumah sepuluh orang, ada yang dua puluh orang” terang Rasyid.

Sore ini agenda Posko Muhammadiyah berkoordinasi dengan Bupat Sikka dan BPBD Kab. Sikka bersama tim asistensi dari Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC).  “Untuk program selanjutnya kami ingin mengetahui daerah sasaran mana saja yang masih membutuhkan bantuan dan jenis kebutuhan apa saja yang mendesak dibutuhkan warga” terang Rasyid.

Posko Muhammadiyah di Maumere juga merencanakan menyalurkan bantuan ke warga yang mengungsi di wilayah Ende, yaitu kecamatan Mourole. Website Pemerintah Kabupaten Ende merilis ada 800 orang pengungsi di Mourele , sementara BPBD Kab Ende sudah memberikan bantuan 1,5 ton beras.

Menurut Camat Mourele dalam rilis tersebut,  bantuan beras sebanyak 1,5 ton itu memang belum cukup bila dibandingkan dengan jumlah pengungsi 800 orang. “Untuk memenuhi kebutuhan makanan minuman, saya sudah berkoordinasi dengan BPBD Kabupaten Ende. Selain bantuan dari pemerintah dan Caritas Keuskupan Agung Ende, warga Maurole juga secara sukarela memberikan bantuan makanan lokal untuk kebutuhan pengungsi,”ujar Camat Mourele, Markus Wara.

MDMC bersama LAZISMU terus menghimpun bantuan masyarakat melalui rekening khusus bencana  :
Bank Mandiri 123.009.900.8999 a.n. Lazis Muhammadiyah Kemanusiaan , Bank BCA  878.0. 171.171 a.n. Lazis Muhammadiyah Kemanusiaan .

Posko Muhammadiyah di Maumere :  081338051600 (Rosyid)
Tim Asistensi dari MDMC : 081228324625 (Indrayanto)
Konfirmasi Donasi : 021-3150400 (LAZISMU)

(arif)

Indeks Berita