Bupati Banjarnegara Mengapresiasi Program Recovery Muhammadiyah

 

Banjarnegara – Bencana tanah longsor dan tanah bergerakyang terjadi di beberapa titik di Kabupaten Banjarnegara bukan hanya membuat korban harus jadi pengungsi dan kehilangan tempat tinggal akan tetapi hal ini berdampak pada kehilangan mata pencaharian mereka dan juga dampak psikologis. Oleh karena itu, PD Muhammadiyah Banjarnegara akan melaksanakan kegiatan pendampingan pengungsi secara terpadu mulai dari menyelesaikan tahapan tanggap darurat , pendampingan anak, pendampingan orang dewasa, pemberdayaan ekonomi, distribusi logistik, kesehatan  dan siraman rohani bagi warga muslim , kegiatan tersebut akan di laksanakan dalam jangka waktu tiga bulan mulai Januari-Maret 2015.

Berkaitan dengan kegiatan pendampingan tersebut, pada Selasa, 20 Januari 2015 PDM Banjarnegara melakukan audiensi di rumah dinas Bupati Banjarnegara, Sutedjo Slamet Utomo. Dalam audiensi tersebut Bupati Banjarnegara menyatakan bahwa dirinya menyambut baik dan memberikan apresiaisi terkait program recovery yang akan dijalankan oleh Muhammadiyah. Salah satu program yang didukung oleh bupati adalah program pemberdayaan ekonomi masyarakat.

“Dengan adanya program pemberdayaan masyarakat ini diharapakan para warga yang terdampak longsor dapat hidup mandiri ketika mereka sudah pindah di hunian tetap,” ujar Riza Azyumarridha, tim  Relawan Muhammadiyah Banjarnegara.

“Harapan untuk kedepannya adalah terjalin komunikasi yang baik antar Muhammadiyah dan pemerintah, agar program yang ada tetap sinkron dan tidak tumpang tindih,’ jelas Sutedjo.

Lembaga Penanggulangan Bencana Pimpinan Pusat Muhammadiyah (Muhammadiyah Disaster Management Center) bersama lembaga yang sama di tingkat Jawa Tengah terus mendukung upaya yang dilakukan PD Muhammadiyah Banjarnegara untuk mendampingi warga terdampak longsor hingga tuntas, bahkan juga tahap mitigasinya mengingat potensi bencana yang bisa terjadi berulang. (mona)

CP Program : Sarniyah : 081215721248

Indeks Berita