Gerakan Mitigasi dengan "Muhammadiyah Go Green"

Batu– Dalam rangka mengenalkan pengetahuan tentang kegiatan mitigasi bencana, Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) / Lembaga Penanggulangan Bencana PD Muhammadiyah Kota Batu melakukan pendampingan terhadap kegiatan Muhammadiyah Go Green Kota Batu. Kegiatan ini dilaksanakan pada Minggu, 25 Januari 2015 di Gunung Panderman bersama dengan siswa yang tergabung dalam ekstrakurikuler GEMMPA (Generasi Muda Muhammadiyah Pecinta Alam) SMP Muhammadiyah 8 Batu.

Ketua MDMC Batu, Zakki Fitroni memeberikan informasi terkait kegiatan yang dilaksanakan bersama siswa SMP Muhammadiyah 8 Batu ini.

“Tujuan dari MDMC  Kota Batu mendampingi kegiatan ini adalah untuk mengenalkan salah satu kegiatan mitigasi bencana dalam bentuk penanaman pohon, agar siswa-siswi sadar tentang pentingnya pengurangan resiko bencana,” jelas Zakki

“Ada tiga ratus bibit pohon yang disiapkan dalam program ini, sedangkan jenis pohonnya ada dua yaitu pohon sengon dan jabon,” tutur guru SMP Muhammdiayh 8 Batu ini.

“Kegiatan penghijauan kali ini memilih lokasi di lereng Gunung Panderman karena merupakan gunung yang menjadi icon kota Batu.Penebangan liar kerap terjadi di lereng Gunung Panderman, hal ini yang menjadikan beberapa wilayah lereng gunung mejadi gundul,” ulasnya.

Tiga puluh satu siswa yang tergabung dalam ekstrakurikuler GEMMPA ini terlihat sangat antusias untuk berpartisipasi dalam kegiatan penghijauan kali ini. Selain itu beberapa wali murid dan guru SMP Muhammadiyah 8 Batu juga ikut mendampingi kegiatan kali ini. (mon)

Indeks Berita