Muhammadiyah Tambahkan Bantuan Banjir dari Luar Bandung

 

Bandung – Setelah terjadi banjir sejak sabtu (12/03) yang menggenangi hingga 24 ribu jiwa,  dengan jumlah pengungsi hingga 15 ribu jiwa di 15 titik, posko Muhammadiyah di Bandung Barat dibantu relawan dari luar Bandung. “Senin pagi ini sudah ada di lokasi relawan Muhammadiyah dari Indramayu, 1 perahu dan 4 relawan dari DI Yogyakarta,  1 perahu dan 3 relawan dari DKI dan 1 Emergency Medical Team dari RSIJ Pondok Kopi” Kata Sarniyah, Kodiv Darurat & RR Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC).

Menurut Sarniyah, Posko Muhammadiyah di lokasi sudah didirikan oleh Muhammadiyah Bandung Barat dengan bantuan dari Muhammadiyah Jawa Barat. “Potensi lokal sudah mendirikan posko di kelurahan kerenceng baeendah, membuka layanan dapur umum dan mengelola tim evakuasi” tambah Sarni. “Melihat kebutuhan bantuan yang masih cukup besar, kami turunkan tim tambahan dari luar Bandung agar potensi lokal bisa mengatur energi “ lanjutnya kemudian.

Sementara itu, menurut Daramawan, personil MDMC yang melakukan asistensi darurat di Bandung Barat, tim bantuan ada yang sampai di lokasi subuh tadi, ada yang baru masuk bandung pagi ini. “Ban mobil tim dari Jogja sempat bocor, dan ternyata tim dari RSIJ juga mengalami yang sama” kisahnya.

Tim bantuan menurut rencana akan beropoerasi hingga ahad pagi, dan kemudian dievaluasi apakah masih perlu diterjunkan tim berikutnya atau dicukupkan. Saat ini standby untuk menjadi tim berikutnya adalah tim kesehatan dari Jawa tengah, khususnya dari potensi Rumah Sakit dan relawan. 

Mobilisasi Bantuan

MDMC Jawa Barat yang telah mendampingi posko Muhammadiyah Bandung Barat menggalang bantuan dari masyarakat Bandung dan sekitarnya dengan jenis bantuan, bahan makanan pokok dan makanan siap makan, minyak kayu putih dan air mineral dalam kemasan. Alamat posko di lapangan ada di jalan bojongmalaka no 105/131 kp. kerenceng Rt 01/02 desa bojongmalaka, kecamatan baleendah dengan kontak person 087822958237 a.n Deden Dalyana.  Sementara di tingkat pusat, LAZISMU melakukan penggalangan bantuan dengan informasi melalui (021) 3150400 (arif)

Foto : Facebook Yusron Arieady

Indeks Berita