SD Muh 7 Antapani Siapkan Simulasi Kebakaran

Bandung-Demi kelancaran dan kesuksesan simulasi bencana pada esok hari. Tim Evakuasi bencana bersama seluruh elemen panitia kegiatan, melakukan kordinasi pra-simulasi pada, Rabu (21/3/2016).

Kordinasi pra-simulasi tersebut bertempat di Lapangan SD Muhammadiyah 7 Antapani Bandung dengan dihadiri dari berbagai instrument pelaksana meliputi PMI, Puskesmas sekitar, serta Muhammadiyah Disaster Management Center, karyawan SD Muhammadiyah 7, murid dan guru sebagai obyek utama dari simulasi yang akan diselenggarakan esok hari.

Yaser Arafat selaku Ketua DAEC (Disaster Awareness Education Center) mengatakan bahwa kordinasi pra-simulasi yang dilakukan oleh tim evakuasi berlangsung dua sesi. Sesi pertama berlangsung pada pagi hari, sedangkan sesi kedua berlangsung pada sore hari. Ia menggarisbawahi bahwa sesi terakhir dari kordinasi pra-simulasi merupakan penyempurnaan dari kordinasi pra-simulasi sesi pertama.

“Gladi bersih tahap pertama memang tidak sepenuhnya dibatalkan. Kita tahu bahwa pada sesi pertama pra-simulasi masih terdapat kesalahpahaman antar tim evakuasi ataupun kekurangan dari masing-masing elemen. Pada sesi kedua kami menampilkan kembali apa yang sudah ditampilkan pada sesi pertama, sehingga pada esok harinya, simulasi kolosal pemadaman kebakaran menjadi sempurna dan layak tampil”, ujar Yaser.

Iapun menggarisbawahi, bahwa persiapan pra-simulasi menuju simulasi pada esok hari sekitar 80%. Hanya beliau berujar bahwa tinggal beberapa bagian yang harus diperbaiki, seperti kordinasi antar petugas juga murid perlu ditingkatkan.

Iwan Kurniawan selaku Kepala Sekolah SD Muhammadiyah 7 Antapani mengatakan “Acara pra-simulasi ini diharapkan semua instrument yang terlibat didalamnya dapat mengambil mangfaat dan hikmahnya”. Iwan  juga berujar tentang satu hal yang terpenting akan acara simulasi esok hari, ialah kelancaran dan kesuksesannya._Fauzi

Indeks Berita