Kemenlu dan MDMC Jaring Masukan untuk World Humanitarian Summit

Yogyakarta –Kementrian Luar Negri bekerjasama dengan Muhammadiyah Disaster Management Center hari ini (14/04)  selenggarakan Sosialisasi dan Jaring Masukan Daerah “Menuju World Humanitarian Summit (WHS) 2016” di Green Host Boutique Hotel Prawirotaman, Yogyakarta. Acara tersebut dihadiri juga Kementrian Sosial Republik Indonesia (Kemensos RI); Kementrian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI); Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DI Yogyakarta serta puluhan lembaga kemanusiaan non-pemerintah yang bergerak dalam tataran masyarakat.

“Kota Yogyakarta kami pilih karena dengan pengalaman kemanusiaan yang kompleks, khususnya khususnya kejadian bencana alam yang tidak saja menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk mengurangi risiko bencana, namun juga muncul berbagai aktor dan organisasi yang secara nasional memilih Yogyakarta sebagai pusat pergerakannya” terang Rahmawati Husein, wakil ketua MDMC yang juga menjadi Regional Steering Group North and South-East Asia - WHS dan menjadi salah satu peserta WHS.

Kegiatan ini bertujuan untuk melakukan sosialisasi dan menjaaring masukan yang akan menjadi misi dan masukan pemerintah Indonesia dalam WHS yang akan dilaksanakan di Instanbul Turki pada 23-24 Mei 2016. Secara umum pertemuan yang menghadirkan Kepala Negara dan Kepala Pemerintahan ini bertujuan untuk mencari solusi terhadap tantangan-tantangan akibat krisis kemanusiaan yang global saat ini.

“Pasca pertemuan internasional ini diharapkan lahir komitmen dan aksi konkrit dari para pemangku kepentingan dalam menghadapi berbagai krisis kemanusiaan global yang telah dan akan terjadi” terang Rahmawati kemudian.

Peran Aktif Indonesia

Rahmawati juga menyampaikan bahwa selama ini Indonesia dikenal dengan usaha yang selalu ikut untuk berperan aktif dalam wacana global. Untuk mencapai kesepahaman antar elemen bangsa, tentunya sangat diperlukan sebuah kesepahaman bersama diantara pemangku kepentingan mengenai hal-hal yang telah berhasil dicapai oleh Indonesia, ditambah penjaringan aspirasi-aspirasi masyarakat akan isu-isu kemanusiaan tingkat lokal maupun global.

WHS sendiri mengagendakan isu-isu kemanusiaan terkini, diantaranya; 1) upaya mencegah dan mengakhiri konflik; 2) peningkatan penghormatan terhadap hukum humaniter internasional; 3) penanganan masalah migran ireguler dan kelompok rentan; 4) penguatan aktor-aktor kemanusiaan lokal; serta perluasan sumber pendanaan kemanusiaan. 

Indeks Berita