dr Alim : Bisnispun Harus Tangguh Hadapi Bencana

Yogyakarta – bisnis yang tangguh terhadap bencana adalah mampu menahan kejadian bencana, bisnis akan tetap berjalan saat terjadi bencana, perusahaan dapat pulih saat bencana terjadi, mampu bekerjasama dengan berbagai pihak.

Menurut dr. Ahmad Muttaqin Alim, Sp. An. EMDM selaku koordinasi divisi diklat Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC), kesadaran orang saat ini bahwa mencegah lebih baik dari pada mengobati, maka munculah ide-ide pencegahan terhadap bencana atau Disaster Risk Reduction.Demikian dipaparkan dihadapan peserta pertemuan Jaringan Saudagar Muhammadiyah (JSM) yang digelar di Hotel Sahid Rich,Yogyakarta (14/05)

Lebih lanjut dr Alim mengatakan, untuk menjadi tangguh dengan mencegah bahaya menjadi insiden. Harard Modification; mencegah insiden mengakibatkan kerusakan dengan peningkatan Absorbing Capacity; mencegah kerusakan menjadi gangguan fungsi dengan Buffering Capacity; dan mencegah gangguan fungsi menjadi kolaps dengan kekuaran Response Capacity.

Terlebih dr Alim menjelaskan bentuk upaya perusahaan untuk menjadi “tangguh” harus memiliki kesadaran kuat dan kepedulian terhadap bencana. Dalam dunia bisnis perlu direalisasikan dalam bentuk Bussines Continuity Plan, Disaster Recovery Plan dan bentuk-bentuk perencanaan.

dr Alim berharap agar perencaanan bisnis tetap berjalan secara berkesinambungan meski dalam situasi bencana dan pemulihan dari kerusakan-kerusakan bencana.

Disampaikan juga, perlu adanya pelatihan bagi perusahaan dalam pencegahan dan pemulihan bencana. dr Alim menegaskan MDMC dapat bersinergi dengan amal usaha Muhammadiyah dan majelis-majelis lainnya.

Reporter : Tri Ayu Apriani Sembiring

Indeks Berita