Ikuti KTT Kemanusiaan Dunia, MDMC Sosialisasikan Fikih Kebencanaan

Istanbul –Berlangsung di Istanbul Turki pada tanggal 23-24 Mei 2016, diselenggarakan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT)KemanusiaanDuniaatau World Humanitarian Summit (WHS)dimana Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) menjadi salah satu pesertanya. Pertemuan ini merupakan prakarsa Sekjen PBB Ban Ki Moon untuk menyatukan masyarakat dunia untuk menegaskan kembali solidaritas kita pada orang-orang yg terdampak krisis dan komitmen kita pada kemanusiaan.

Dr. Rahmawati Husein, Wakil MDMC yang juga menjadi salah salah satu Stering Commite acara iniuntuk Regional Asia Utara dan Asia Tenggara,mengatakan bahwa kegiatan ini adalah KTT Kemanusiaan yang pertama kali diselenggarakan. Persiapan KTT ini sdh dilakukan mulai 3 tahun lalu melalui 8 Regional Konsultasi yang melibatkan tidak kurang dari 23.000 org di 153 negara.

Tidak seperti KTT Dunia yang pada umumnya hanya dihadiri oleh pemimpin/wakil pemerintahan dan kepala negara, WHS ini juga dihadiri para pemimpin global dan lokal tidak hanya dari pemerintah tapi bisnis, masyarakat sipil termasuk organisasi keagamaan.

“Salah satu tujuan utama KTTadalah ajakan untuk mengumumkan tindakan dan komitmen nyata untuk mengakhiri konflik, meringankan penderitaan dan mengurangi risiko”terang Rahmawati. “KTT ini juga ditujukan utk bertukar pengalaman serta menunjukkan inovasi dan praktik terbaik dari berbagai pihak pelaku kemanusiaan”lanjutnya.

KTT ini juga mendiskusikan peran organisasi berbasis keagamaan dalam upaya kemanusiaan baik utk perdamaian, saat perang dan konflik serta saat bencana serta peluang pendanaan darimasyarakat Islam baik dari zakat infaq dan shodaqoh.

Pada kesempatan ini, Dr Rahmawati juga membagikan buku Fikih Kebencanaan edisi bahasa Inggris kepada peserta KTT. Menurut Rahmawati, pembagian buku yang diberi judul “Coping With Disaster : Principle Guidance from an Islamic Perspective” ini merupakan kontribusi pemikiran masyarakat Islam terhadap pentingnya memahami bencana dan menunjukkan nilai-nilai Islam sebagai  dasar dan prinsip dalam memberikan bantuan kemanusiaan.

Indeks Berita