Live di TVRI, MDMC Ajak Masyarakat Peringati 10 Tahun Gempa Jogja

Yogyakarta – Tanggal 27 Mei 2006, pukul 05:55:03WIB selama 57 detik, terjadi Gempa Bumi Yogyakarta dan Jateng. United States Geological Survey (USGS) melaporkan bahwa gempa  sebesar 6,2 pada skala Richter . Tercatat 6.234 orang meninggal dunia sebagai akibatnya.

Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) sebagai lembaga Muhammadiyah yang memegang mandat untuk meningkatkan sistem, pemahaman dan kesadaran warga Persyarikatan Muhammadiyah dan masyarakat secara umum dalam penanggulangan dan mitigasi bencana yang berwawasan Pengurangan Risiko Bencana  merasa perlu mengajak masyarakat luas mengambil hikmah dari kejadian tersebut.

“Kami mempersiapkan diskusi tentang Pembelajaran Penanganan Gempa dan Penerapan Sekolah Aman pada tanggal 26 Mei 2016 pagi di Muhammadiyah Boarding School” terang Budi Santoso, Koordinator Divisi Pengurangan Risiko dan Kesiapsiagaan MDMC.

Budi juga menerangkan bahwa kegiatan tersebut dirangkai dengan Talk Show  “Peran Masyarakat dalam Penanggulangan Bencana” secara Live di TVRI Yogyakarta pada pukul 18.00 WIB. Akan hadir sebagai pembicara Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DI Yogyakartan Gatot , Ketua MDMC H. Budi Setiawan, ST dan Ahli Bangunan Tahan Gempa dari FT Univ Muh Yogyakarta Dr Jazaul Ikhsan.

Pengalaman Baik

Menurut sekretaris MDMC, Arif Nur Kholis, peran Muhammadiyah sebagai bagian dari masyarakat sangat besar dalam merespon kejadian bencana gempa bumi di tahun 2006. “Saat itu seluruh jaringan Muhammadiyah di daerah terdampak tanpa menunggu komando sudah bergerak.Warga di lokasi terdampak mendirikan posko – posko distribusi, sementara warga di luar lokasi terdampak berduyun duyun menjadi relawan membantu” papar Arif yang 10 tahun yang lalu menjadi salah satu pengelola Posko Pimpinan Pusat Muhammadiyah di Jl KHA Dahlan 103 Yogyakarta.

Menurutnya, pengalaman sepuluh tahun yang lalu itu ikut mendasari Muhammadiyah memiliki perangkat penanggulangan bencana, baik secara kelembagaan, program maupun sistem yang terus dikembangkan. “MDMC saat ini banyak didukung oleh pelaku Posko Muhammadiyah untuk gempa Jogja Jateng 2006 itu” pungkasnya. 

Indeks Berita