Fokus Peningkatan Kualitas Diklat, MDMC Godog Modul Pelatihan

 

Yogyakarta- Salah satu mandat Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) adalah memastikan pelaku penanggulangan bencana dalam koordinasi Muhammadiyah memiliki kompetensi yang standar. Workshop untuk mengembangkan modul - modul pelatihan menjadi salah satu langkah yang dilakukan. Kegiatan berlangsung di University Hotel, Jl Adi Sucipto - Sambilegi Yogyakarta, pada tanggal 3-5 Juni 2016.

Ketua MDMC, H. Budi Setiawan, ST berpesan dalam sesi pembukaan bahwa kegiatan ini diharapkan tidak sebatas hanya untuk menerbitkan modul saja. “Nantinya, output yang dihasilkan jangan hanya modul yang nampak saja. Jadikan modul yang telah tertata sebagai acuan dalam pelaksanaan program di lapangan”.

Lebih lanjut Budi mengatakan bahwa workshop penyusunan modul ini juga agar memperkuat lembaga yang ada di masing-masing wilayah. “Sejauh ini ketika terjadi sebuah bencana, MDMC wilayah belum maksimal dalam menjangkau hingga daerah terpencil.Maka dengan adanya modul dari MDMC  ini dapat menjadi acuan bagi MDMC di wilayah dalam mengambil tindakan ketika terjadi bencana di suatu daerah” terangnya kemudian.

“Ketika kapasitas sumber daya manusia rendah, ditambah masyarakat yang tidak memahami ancamannya, maka dapat dipastikan resiko jatunya korban bencana semakin tinggi. Modul ini nantinya diharapkan dapat menjadi jawabannya”, pungkas Budi menutup sambutannya.

Workshop penyusunan modul ini di ikuti oleh personil MDMC ditambah personil MDMC Yogyakarta dan personil MDMC Jawa Tengah. Dalam pelaksanaannya, peserta workshop dibagi dalam bidang pendidikan dan sekolah aman, bidang psikososial, bidang jamaah tangguh, bidang materi dasar kebencanaan, bidang sar, bidang medis dan bidang bisnis dan ekonomi.  

Tri Ayu Apriyani Sembiring

Indeks Berita