Pencarian Dihentikan, MDMC Kawal Pemulihan Longsor Purworejo

Purworejo - Jumat (24/06) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Purworejo menutup operasi gabungan pencarian korban tanah longsor, walaupun masih ada 3 orang dinyatakan hilang. Menurut Nanang Nur Azis Romdloni dari MDMC Jateng, relawan Muhammadiyah yang membantu melakukan evakuasi korban akan ditarik kembali ke daerah masing-masing.

“Selanjutnya komando relawan akan kami serahkan sepenuhnya kepada MDMC Purworejo dan Kebumen” demikian keterangan Nanang. Menurut Nanang, setelah Idul Fitri nanti relawan akan dimobilisasi kembali ke Purworejo untuk mengelola tahap pemulihan pasca bencana.

Disinggung soal penarikan relawan, Naibul Umam selaku Ketua MDMC Jawa Tengah menyatakan bahwa untuk kali ini tenaga relawan dari luar daerah purworejo dan kebumen sudah dianggap cukup. “Sekarang waktunya mereka kembali ke daerah masing-masing apalagi sudah memasuki 10 hari menjelang Idul Fitri. Tentu kami tidak bisa menahan mereka terlalu lama di luar kota berpisah dari keluarga” terang Umam.

Umam menambahkan bahwa posko di Purworejo dan Kebumen akan tetap buka dan dikelola oleh pengurus MDMC di masing – masing daerah. Bahkan menjelang Idul Fitri akan dibagikan paket lebaran bagi warga terdampak di kedua Kabupaten tersebut.

Terkait dengan rencana kegiatan pemulihan hingga rehabilitasi dan rekonstruksi, Umam menyebutkan bahwa MDMC Jateng telah menerjunkan tim pengkajian kebutuhan pasca bencana yang dipimpin Ketua Bidang Rehabilitasi dan Rekonstruksi, Yocki Asmoro.

Tim pengkajian yang terdiri dari 10 orang mahasiswa UMP Purworejo dan UMY Yogyakarta ini telah berhasil menyelesaikan tugas untuk Desa Jelok Kecamatan Kaligesing. Sedangkan untuk desa Wirotaman Kecamatan Butuh masih dalam proses input data. “Secepatnya data kami analisa dan kami sajikan sebagai laporan”kata Yocki.  Menurut Yocki, hasil pengkajian akan menjadi data ilmiah dan dijadikan acuan untuk membuat kegiatan pada tahap rehabilitasi dan rekonstruksi hingga 3 bulan yang akan datang.

Foto : https://www.facebook.com/faidz.volunteerrescue

Indeks Berita