Diperlukan Pembentukan MDMC di Tingkat Kabupaten/Kota

Surabaya - Wakil Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Timur, dr H Sukadiono menyatakan bahwa Pimpinan Muhammadiyah di tingkat Kabupaten/Kota (Pimpinan Daerah) di Jawa Timur perlu segera membentuk Lembaga Penanggulangan Bencana atau Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC). “Pimpinan Daerah yang belum dibentuk silahkan dibentuk saja, walaupun baru ada ketua sekretaris dan bendahara saja. Karena ini akan lebih memudahkan koordinasi, apalagi bila terjadi bencana” terangnya.

Dalam acara Rapat Kerja Wilayah Lembaga Penanggulangan Bencana (LPB) PW Muhammadiyah Jawa Timur di Kampus Univ. Muhammadiyah Surabaya, Sabtu (26/05/2012) tersebut, dr H Sukadiono menyatakan bahwa menurut pengalamannya bila tidak jelas koordinasi penanggulangan bencana di daerah, akan menyulitkan Pimpinan Wilayah melakukan koordinasi.

Selanjutnya, dr H Sukadiono berpesan bahwa perlu dibangun sinergi program antara LPB di tingkat PP Muhammadiyah, di tingkat PWM dan di tingkat PDM. “Tentu sesuai dengan kondisi masing-masing pimpinan daerah” pesannya.

“Kerja LPB PWM Jatim ini sudah bisa kita acungi jempol, namun tidak boleh berhenti pada rapatnya, tapi juga harus dilanjutka dengan kerja nyata” pungkasnya.

Rapat Kerja tersebut dihadiri perwakilan dari 20 Pimpinan Daerah Muhammadiyah, dari 38 Pimpinan Daerah Muhammadiyah yang ada di Jawa Timur. Hadir dalam acara tersebut Ketua LPB PP Muhammadiyah , H. Budi Setiawan, ST , dan perwakilan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Prov. Jawa Timur , Sugeng Ranu. (ank)

Indeks Berita