MDMC Ajak Mahasiswa Baru UMY Jadi Relawan

Yogyakarta - Peran Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) dalam penanggulangan bencana, baik yang terjadi di Tanah Air atau pun di luar negeri, memang sudah tidak diragukan lagi. Keberadaan para relawan dalam lembaga MDMC tersebut menjadi hal penting yang tidak dapat dilepaskan dari kesuksesan MDMC dalam melakukan penanggulangan bencana, baik pada kegiatan Mitigasi dan Kesiapsiagaan, Tanggap Darurat, atau pun Rehabilitasi. Karena itulah dalam kesempatan yang didapat pada Selasa (6/9) MDMC pun mengajak 4700 Mahasiswa Baru Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) untuk ikut serta dalam kegiatan-kegiatan MDMC tersebut dengan menjadi relawan bencana. 
 
Dalam pemaparan yang disampaikan oleh Rachmawati Hussein selaku wakil ketua Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC), dikatakan bahwa MDMC adalah lembaga yang berada di bawah naungan Pimpinan Pusat Muhammadiyah. Kegiatan MDMC juga tidak hanya memberikan bantuan kemanusiaan saja. Namun juga ada kegiatan seperti kesiapsiagaan untuk sekolah aman, rumah sakit aman, dan kegiatan lainnya. 
 
Selain itu, Rachmawati juga mengajak dan mendorong para maba UMY agar bisa bergabung menjadi relawan MDMC. "Di MDMC itu ada banyak relawan. Ada relawan sah, medis, psycosocial, dan bahkan ada relawan pijat. Saya harap dari teman-teman ini kedepannya dapat bergabung menjadi salah satu relawan di MDMC, karena dengan menjadi relawan itu juga akan dapat menambah pengalaman," ujarnya.
 
Pengalaman yang didapat mahasiswa jika menjadi relawan tersebut tentunya akan memiliki manfaat tersendiri bagi kehidupan mereka kedepannya. Sebagaimana diungkapkan pula oleh Rachmawati bahwa terwujudnya sebuah impian seseorang itu tidak cukup hanya dengan aktifitas akademis. Apalagi para mahasiswa itu adalah calon penerus pemimpin bangsa. "Perlu adanya keseimbangan antara kegiatan di dalam kampus atau pun di luar kampus. Kepemimpinan, pengetahuan dan pengalaman itu tidak hanya bisa didapat dari kegiatan di dalam kelas. Namun juga bisa didapat dari luar dengan mengikuti kegiatan-kegiatan non akademis, salah satunya seperti menjadi relawan kebencanaan," ungkapnya.
 
Editor : Sakinah

Indeks Berita