Minimalisir Korban Bencana, MDMC Jabar Latih Relawan

Cianjur– Lembaga Penanggulangan Bencana Muhammdiyah(LPB)/ Muhammadiyah Disaster Management Center(MDMC)Jawa Barat menyelenggarakan kegiatan Gladian Relawan Muhammadiyah Jawa Barat, terfokus pada panduan Manajemen Posko Lapangan Tanggap Darurat. Bertempat di Islamic Center Muhammadiyah Cipanas-Cianjur, kegitan tersebut diselenggarakan pada 16-18/9/2016, dengan peserta 150 orangyang merupakan utusan dari LPBKabupaten/Kotase-Jawa Barat, organisasi otonom Muhammadiyah dan Amal Usaha Muhammadiyah. Kepala Pelaksana BPBD Cianjur,Asep Sutarman, membuka acara.

Asep menyampaikan dalam sambutan nya bahwa kita berlatih dalam penanggulangan bencana ini tidakberartimenantang bencana. Menurut Asep latihan – latihan initapi paling tidakdimaksudkan untuk“meminimalisir korban”, semestinya kita dapat “mengurangi resiko bencana”. Dengan adanya pelatihan ini nantinya relawan khusunya di Cianjur dapat bekerjasama dengan BPBD.

MDMC bergerak dalam kegiatan penanggulangan bencana dalam bentuk kegiatan mitigasi dan kesiapsiagan, tanggap darurat serta rehabilitasi atau pemulihan pasca bencana. Karena itu harus berperan aktif dan berkolaborasi dalam program LPB/MDMC. Seperti Gladian Relawan Muhammadiyah dalam bentuk materi dan motivasi.

Gladiandiisi dengan berbagai kegiatan penyampaian berupa materi teori kerelawanan. Diantaranya, materi psikososial trauma healing disampaikan oleh Deky Pebriansyah K, menejemen posko disampaikan oleh Indrayanto, PPGD (Pertolongan Pertama Gawat Darurat) oleh Iyep Dede S, dapur umum oleh Sarniyah, dan Komunikasi oleh Rizal Ismail.

Maksud dan tujuan diadakan kegiatan ini yaitu diharapkan dapat memberi pemahaman yang sama dalam upaya meningkatkan kemampuan dan keterampilan relawan Muhammadiyah, serta dapat memberikan gambaran kepada satuan LBP mengenai teknik penyelenggaraan Gladi Posko.      

Kegiatan dilanjutkan dengan simulasi mengenai bencana longsor. Pada (18/9) sambutan penutup disampaikan oleh H. Budi Setiawan selaku ketua Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC). (Ay)

Indeks Berita