Wanareja - Cilacap dilanda Tanah Longsor, MDMC Turun Tangan

CILACAP –Hujan lebat yang kerap mengguyur Kecamatan Wanareja, Cilacap, beberapa hari lalu hingga Senin (19/9), menyebabkan ratusan rumah rusak, sawah terendam, tanggul jebol dan menyebabkan jalanan amblas. Meskipun tidak ada korban jiwa dan korban terluka, akibat longsor pemilik rumah harus mengungsi ke kerabat atau keluarga.

Situasi tersebut lantas menjadikan Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) Jawa Tengah untuk ikut menangani, serta memberikan bantuan kepada masyarakat terdampak banjir dan longsor. Berdasarkan data yang diperoleh MDMC Jawa Tengah mengenai kerugian akibat tanah longsor sebesar 106.000.000 di beberapa Desa, di antaranya Desa Bantar, Purwasari, Madura, Tarisi, dan Cilongkrang.

Dalam upaya menangani bencana Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) Jawa Tengah memberikan bantuan berupa bahan sembako dan material kontruksi bangunan. Selain itu peran MDMC kepada masyarakat juga dilakukan melalui sosialisasi tanggap darurat bencana. Diharapkan dengan adanya sosialisasi tersebut dapat meningkatkan kapasitas masyarakat dalam menghadapi bencana.

Ketua posko MDMC Sidareja juga menyampaikan bahwa bantuan kepada warga terdampak bencana di Wanareja juga sangat dinantikan. “Apabila ada masyarakat yang mau membantu, mungkin bisa pula mendukung penyediaan logistik berupa beras dan mie. Untuk rehabilitasi berupa pembersihan lingkungan dari sampah dan sedimen endapan lumpur”. (ay/fauzi)

Indeks Berita