Hajriyanto : Pasca Bencana, Masyarakat Harus Ditingkatkan Kesiapsiagaannya

Sumedang – Pelaksanaan tanggap darurat di Kodim 0610 Sumedang telah usai. Rangkaian kegiatan tanggap darurat ditutup dengan mengadakan pengajian akbar bersama warga Muhammadiyah Sumedang. Acara ini dilaksanakan pada Minggu (09/10) pagi. Hal tersebut merupakan bentuk rasa syukur karena pelaksanaan tanggap darurat korban longsor Sumedang telah terlaksana dengan baik.
 
Dr. H. Dadang Wahyudi M.Ag selaku Pimpinan Daerah Muhammadiyah Sumedang, mengawali sambutan sekaligus membuka acara pengajian akbar yang bertemakan “Aksi Bersama Untuk Sesama” tersebut. Dalam sambutannya Dadang menyampaikan terimakasih kepada Kodim 0610 Sumedang atas kerjasamanya dengan Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) dalam pelaksanaan tanggap darurat bencana longsor Sumedang. Dalam tahap rehabilitasi MDMC akan sepenuhnya membantu korban bencana sampai korban memiliki tempat tinggal dan ekonomi dapat stabil.
 
Acara tersebut dilanjutkan dengan ceramah yang disampaikan oleh Drs. H Hajriyanto Y Thohari selaku Pimpinan Pusat Muhammadiyah, mengatakan bahwa Indonesia merupakan negara rawan akan bencana untuk itu perlunya kesiapsiagaan semua pihak. MDMC merupakan lembaga yang paham dengan kejadian bencana alam. Maka pelaksanaan yang diberikan MDMC saat tanggap darurat sangat cepat dan tepat.
 
Hajriyanto menerangkan bahwa MDMC merupakan lembaga yang menjalankan visi PKO (Penolong Kesengsaraan Oemoem) pelaksanannya seperti pada program kesiapsiagaan rumah sakit Muhammdiyah dalam program HPCRED (Hospital Preparedness and Community Readiness for Emergency and Disaster). Program ini melakukan pelatihan kepada rumah sakit Muhamamdiyah di Indonesia. MDMC juga memiliki satuan tugas dalam  SAR (Search and Rescue).
 
Khusus untuk kejadian bencana di Sumedang, MDMC harus mendampingi korban pada tahap rehabilitasi dan rekontruksi, setelah masa tanggap darurat selesai. Peran LAZISMU sangat dibutuhkan dalam memberikan bantuan. Dalam bentuk fisik maupun non fisik. Menurut Hajriyanto, MDMC juga perlu meningkatkan kesiapsiagaan dengan melakukan pelatihan kepada masyarakat supaya nantinya ketika ada bencana mendatang masyarakat siap siaga.
 
Turut hadir jajaran Kodim 0610 Sumedang, Forkompimda, Kesra, Jajaran pengurus Nasyiyatul Aisyiyah, MDMC Wilayah dan Relawan Muhamamdiyah. (ay)
 

Indeks Berita