Siaga Bencana, RS PKU Muh Gamping Simulasikan Penanganan Kebakaran

Yogyakarta – Sabtu (29/10) Karyawan RS PKU Muhammadiyah Gamping selenggarakan “Gelar Simulasi Hospital Disaster Plan” didampingi oleh tim dari Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC). Pada simulasi kali ini mengambil skenario kemampuan menghadapi kejadian kebakaran di Rumah Sakit.

Simulasi ini dimaksudkan sebagai dasar pengenalan medan bagi karyawan RS bila kebakaran terjadi. Diharapkan dengan simulasi dapat meningkatkan kemampuan pengetahuan dan keterampilan karyawan RS PKU Muhammadiyah Gamping dalam melakukan respon penanganan kejadian kebakaran. Simulasi ini juga diharapkan bisa meningkatkan kerjasama  lintas instansi seperti Pemadam Kebakaran (Damkar), BPBD Kab Sleman, Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD,Polsek Gamping, Dinas Kesehatan Slemandan SAR Muhammadiyah.

Budi Santoso S.Psi dari MDMC selaku narasumber dan koordinator fasilitator kegiatan berharap bahwa dengan diselenggarakannya simulasi ini, RS PKU Muhammadiyah Gamping bisa menjadi mitra MDMC untuk membangun kapasitas RS Siaga Bencana. Budi juga berharap RS PKU Muhammadiyah Gamping harus menjadi pelopor penerapan konsep comprehensivesafe hospital yang dikembangkan MDMC selama ini.

Sebelum kegiatan simulasi lapangan, sehari sebelumnya diawali dengan pemaparan dokumen Hospital Disaster Plan, pengembangan sekenario simulasi yang dirangkai dengan table of exericise untuk menguji SOP yang ada pada Hospitaln Disaster Plan.(ay)

Indeks Berita