MDMC Galang Kekuatan Bersama Pemerintah Lakukan Respon Bencana Karanganyar

Karanganyar– Longsor dan banjir menerjang Dusun Tegalsari I/XV, Desa Bulurejo, Kecamatan Karangpandan, Kabupaten Karanganyar. Pada Selasa (29/11) Sore. Puluhan jiwa dievakuasi dari lokasi rawan bencana alam.

Longsor dengan luasan panjang 500 meter, lebar 50 meter dan saat longsor terjadi dalam kondisi tidak hujan. Puluhan masyarakat sedang bekerja memanen padi di lahan sawah di bawah lereng perbukitan, tiba-tiba terdengar bunyi gemuruh dan luncuran material longsor dengan cepat sehingga menimbun korban.

Kejadian banjir dan longsor tersebut menimbulkan beberapa korban tewas. Data yang didapatkan sementara 6 korban yang sudah berhasil ditemukan. 1 orang tewas dan 5 orang selamat.

Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) Jawa Tengah bersama BPBD Kabupaten Karanganayar dan SAR Gabungan, masih melakukan proses pencarian korban yang belum ditemukan.

Irwan Prayudi selaku Koordinator MDMC Soloraya menyampaikan dalam proses pencarian korban, MDMC Karanganyar didukung dengan 20 Tim SAR dan satu unit ambulans. Kendala hujan dengan intensitas tinggi menyulitkan pencarian korban di lokasi longsoran.

Masyarakat dihimbau untuk selalu meningkatkan kewaspadaan terkait dengan meningkatnya curah hujan yang dapat memicu banjir dan longsor._Ayu