Bagian Dari Pendidikan Karakter, MDMC Klaten Stimulasi Anak Untuk Peduli Bencana

Seorang guru siswa SD Muhammadiyah Klaten Sedang Mengumpulkan Donasi Siswa. Foto : Eko [mdmc_klaten], (10/12)

Yogyakarta (mdmc.or.id) - “Bahkan sebelum surat edaran penggalangan dana beredar, guru serta siswa SD Muhammadiyah Klaten sudah berinisiatif untuk menggalang dana kemanusiaan untuk gempa Pidie Jaya, Aceh,” demikian pernyataan Ketua Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) Klaten, Firdaus, bertempat di halaman SD Muhammadiyah Klaten, (10/12).

 

Ia melanjutkan bahwasanya mangfaat dari kegiatan penggalangan dana ini, berguna bagi masyarakat terdampak bencana gempa di Pidie Jaya, Aceh. Juga bagi anak, kegiatan ini dapat menstimulan serta mendorong anak untuk peduli akan sesama dalam bingkai kemanusiaan.

 

“Stimulan pada anak dalam bingkai kemanusiaan tentu berpengaruh nantinya ketika anak beranjak dewasa dan menolong warga terdampak dengan aksi nyata (Terjun ke lokasi bencana),” ujar Firdaus.

 

Hal tersebut sangat selaras dengan tujuan pendidikan karakter, dalam Undang – Undang No. 20 Tahun 2003 Pasal 3 disebutkan bahwasanya fungsi pendidikan nasional sendiri ialah sebagai pengembangan kemampuan serta peradaban bangsa yang bermartabat serta peningkatan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang berahlak mulia, sehat, berilmu, mandiri dalam rangka menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.

 

Firdaus berkata, saat ini dana yang terkumpul dan akan didistribusikan oleh MDMC Klaten di tahap awal ini berjumlah Rp. 10.025.000,00. Pada tahap lanjutan, cabang serta ranting Muhammadiyah lainnya akan segera menghimpun bantuan kemanusiaan.

 

Firdaus menambahkan, bagi MDMC, stimulan kemanusiaan yang diberikan pada anak sudah berlangsung lama, bahkan sebelum MDMC dibentuk pada 2006, siswa SD Muhamamdiyah Klaten sudah mulaui untuk peduli pada bencana dan kemanusiaan.

 

Ketika anak – anak tidak sejak dini ditanamkan rasa kepedulian, maka rasa egois individu dari seorang anak akan muncul dan hal tersebut akan berpengaruh pada sekitarnya. 

 

“Dengan adanya kegiatan penggalangan dana untuk warga terdampak gempa Pidie Jaya  ialah anak – anak dapat mengetahui akan makna kepedulian sosial khususnya diri sendiri, teman dekat dan masyarakat. Juga akan melatih anak untuk lebih peka pada setiap kejadian bencana yang terjadi,” tutupnya. [Fauzi]

 

Indeks Berita