MDMC, IPM, dan Dikdasmen Songsong HKBN 2017

Yogyakarta (Jum’at, 07/04). Tanggal 26 April 2017 ditetapkan oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) sebagai Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional (HKBN). HKBN 2017 melibatkan Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) melalui Divisi Pengurangan Risiko Bencana dan Kesiagaan (PRBK) MDMC PP Muhammadiyah dengan menggandeng Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) dan Majelis Pedidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmen).

 

Budi Santoso Koordinator Divisi PRBK MDMC PP Muhammadiyah pada rapat koordinasi pada 1 April 2017 menyebutkan bahwa HKBN 2017 melibatkan pelajar dari Aceh hingga Papua yang berfoto dengan tulisan kesiapsiagaan untuk dikirim ke Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Ditambahkan dengan simulasi mandiri kesiapsiagaan terhadap bencana di sekolah dengan tagline nya “Pelajar Turun Tangan”. Keterlibatan sekolah menegaskan bahwa sekolah merupakan tempat yang aman untuk melangsungkan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM). HKBN 2017 bertempat di Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta dengan melibatkan sebanyak 1.200 pelajar dan masyarakat umum di sekitar Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta.

 

Kegiatan ini dapat sebagai kegiatan rutin. “Jika dibutuhkan, akan ada MoU untuk keberlanjutan program,” tambah Arif Nur Kholis Sekretaris MDMC PP Muhammadiyah. Sejalan dengan itu, Azhar Nasik salah satu perwakilan IPM juga menyetujui jika pelaksanaan HKBN 2017 dapat dijadikan kegiatan rutin karena pada periode baru IPM banyak membahas isu lingkungan hidup sesuai dengan pelaksanaan simulasi kebencanaan.

 

Pelaksanaan HKBN 2017 diramaikan dengan flashmob dan mengajak masyarakat untuk menyemarakkan HKBN 2017 dengan mengunggah foto disertai tanda pagar, #SiapUntukSelamat, #1JtPelajarTurunTangan, #IndonesiaSiaga, #HKBN2017, #SekolahAmanBencana dan #RumahSakitAman baik di media sosial facebook, twiter, dan instagram.  (SULIS)

Arif Jamali Muis

MDMC Indonesia

Indeks Berita