BEST Strategi Kuatkan MDMC di DKI Jakarta

( Foto : Khoirul Anas )

Jakarta, (08/04). Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) Pimpinan Wilayah DKI Jakarta mengadakan Lokakarya Penguatan Kapasitas Kelembagaan dan Sumber Daya Manusia (SDM) dalam Kebencanaan yang disebut Building and Empowering for Strenghtness Team (BEST). Program BEST merupakan program dari Divisi Organisasi dan Kepemimpinan MDMC dilaksanakan pada 8-9 April2017 dengan peserta dari unsur MDMC Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM),  Ortom tingkat Wilayah dan Majelis Lembaga.

 

Program BEST dipandang penting agar lima daerah Kotamadya diantaranya adalah Jakarta Timur, Jakarta Barat, Jakarta Pusat, Jakarta Selatan dan Jakarta Utara agar segera dibentuk kepengurusan MDMC di tingkat Daerah dan melakukan kerja-kerja kelembagaan dengan mengoptimalkan SDM yang dimiliki. Program BEST terdiri dari tiga kegiatan utama yaitu Lokakarya Pembentukan MDMC Daerah, Pelatihan Penanggulangan Bencana dan Pengelolaan LPB, dan Pelatihan Relawan Muhammadiyah dan Pembentukan MDMC Cabang.

 

Metode pelaksanaan BEST melaui brainstorming, survey, dan diskusi terfokus. Sedangkan kegiatan pelatihan BEST dilakukan diskusi kelompok, ceramah dan role play. “Peserta pelatihan yang tergolong relatif baru dalam mengenal penanggulangan bencana, metode yg banyak melibatkan mereka secara aktif seperti diskusi kelompok dan role play sangat efektif,” kata Khoirul Anas selaku tim Tanggap Darurat dan Rehab Rekon MDMC.

 

Sejalan dengan itu Ketua MDMC Pimpinan Pusat Muhammadiyah Budi Setiawan mengatakan bahwa peserta kegiatan BEST antusias terhadap materi yang disampaikan walaupun jumlah peserta yang datang belum maksimal. (SULIS)

 

Arif Jamali Muis

MDMC Indonesia

Indeks Berita