Launching HKBN 2017 Tumbuhkan Sikap Siap Siaga Bencana

 

Yogyakarta (17/04). Komitmen Muhammadiyah  untuk turut serta dalam upaya pengurangan risiko bencana dilakukan melalui Lembaga Penanggulangan Bencana (Muhammadiyah Disaster Managemant Center (MDMC)) Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah bekerja sama dengan Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmen) PP Muhammadiyah dan Pimpinan Pusat Ikatan Pelajar Muhammadiyah(PP IPM) me launching Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional (HKBN) pada tanggal 17 April 2017sedangkan kegiatan HKBN 2017 dilaksanakan pada tanggal 26 April 2017.

Launching HKBN 2017 sebagai sosialisasi HKBN 2017dengan satu juta pelajar turun tangan dan siap untuk selamat. Rangkaian kegiatan launching diantaranya sosialisasi kepada Kepala Sekolah se-DIY terkait teknis apel atau upacara, long march dan kampanye kesiapsiagaan dari gedung PP Muhammadiyah hingga Nol Kilometer.

Budi Santoso Koordinator Divisi Pengurangan Risiko Bencana dan Kesiagaan (PRBK) MDMC PP Muhammadiyah menyampaikan bahwa apel atau upacara dilakukan secara bersamaan dengan pembacaandeklarasi pelajar turun tangan terhadap bencana danpembacaan amanat Pembina Upacara di sekolah Muhammadiyah se Yogyakarta.“ Apel yang dilakukan serempak menjadi spirit kesiapsiagaan pelajar dan masyarakat sekolah untuk meminimalisir risiko bencana,” kata Budi.

Sejalan dengan hal tersebut, Budi Setiawan Ketua MDMC PP Muhammadiyah menambahkan bahwa kesiapsiagaan merupakan tanggungjawab semua masyarakat dan manusia tidak boleh menafsirkan bencana sebagai adzab.

BNPB diwakili oleh Susi Lastuti selaku Direktorat Kesiapsiagaan BNPB  memberikan apresiasi kepada MDMC, PP IPM, dan Dikdasmen DIY yang telah menumbuhkan kesiapsiagaan kepada masyarakat luas sesuai dengan tagline BNPB siap untuk selamat. “Harapanya latihan-latihan dan gerakan-gerakan seperti ini bisa membudaya sehingga lebih siap dan selamat menghadapi bencana,” tambah Susi. (SULIS)

Arif Jamali Muis

MDMC Indonesia

Indeks Berita