Muhammadiyah Mendorong Pembentukan Forum Pengurangan Risiko Bencana di Kota Palangka Raya

(Pengukuhan oleh Kemala Ratna)
 
Palangkaraya (8/05). Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) membentuk Forum Pengurangan Risiko Bencana (FPRB) Kelurahan Menteng. Pengukuhan forum ini dilaksanakan pada 8 Mei 2017 di kantor Kelurahan Menteng, Kecamatan Jekan Raya, Kota Palangka Raya. Turut hadir dalam acara tersebut Perangkat Kelurahan Menteng, Wakil Direktur RSI PKU Muhammadiyah Palangka Raya bagian Keuangan dan Kemuhammadiyahan, Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Kalimantan Tengah, BPBD Kota Palangka Raya, BPPD Provinsi Kalimantan Tengah, dan Dinas Kesehatan Kota Palangka Raya. 
 
Pembentukan FPRB Kelurahan Menteng merupakan bagian dari upaya pengurangan risiko bencana dan peningkatan kesadaran masyarakat terhadap bencana. Sebelum terbentuk, anggota FPRB dibekali dengan berbagai pelatihan untuk mengenali kerentanan di sekitar lingkungan, kapasitas lingkungan, dan analisis ancaman bencana di lingkungan dalam mempersiapkan diri pada kedaruratan dan kebencanaan. Pelatihan tersebut merupakan rangkaian program Kesiapsiagaan Rumah Sakit dan Kesiapan Masyarakat untuk Kedaruratan dan Bencana (HPCRED) MDMC PP Muhammadiyah.
 
Damai, S.H., Kepala sub bidang Kesiapsiagaan BPBD Kota Palangka Raya, menyambut baik dibentuknya FPRB Kelurahan Menteng sebagai upaya untuk mendukung pemerintah dalam meningkatkan kesiapsiagaan masyarakat terhadap bencana di Kalimantan Tengah.
 
Anggota FPRB Kelurahan Menteng adalah seluruh masyarakat yang telah mendapat pembekalan pada Pelatihan dan Lokakarya Program Rumah sakit dan Komunitas Aman Bencana. Menteng sebagai kelurahan yang berada di lingkar rumah sakit RSI PKU Muhammadiyah Palangka Raya dibentuk agar dapat berintegrasi dengan RSI PKU Muhammadiyah. Forum ini terdiri dari  perwakilan tenaga medis RSI PKU Muhammadiyah Palangkaraya, perwakilan masyarakat dari Kelurahan Menteng, perwakilan perangkat Kelurahan Menteng, perwakilan organisasi masyarakat, dan perwakilan pengurus organisasi otonom Muhammadiyah di Kota Palangka Raya. 
 
Pada kesempatan ini, pengurus FPRB Menteng dikukuhkan oleh Lurah Menteng. Kemala Ratna menyebutkan bahwa dibentuknya FPRB Kelurahan Menteng agar masyarakat dapat memiliki kesadaran, kesiapsiagaan, dan kemandirian dalam menghadapi risiko bencana serta mampu menjadi pelopor pengurangan risiko bencana menuju komunitas yang peka, tanggap,dan tangguh terhadap bencana. (Sulis)
 
Arif Jamali
MDMC Indonesia

Indeks Berita