MDMC Membuka Dua Pos Muhammadiyah untuk Evakuasi Terdampak Banjir Tolitoli

(Kondisi Rumah Terdampak Banjir Tolitoli sehingga Terdampak di Evakuasi ke Posko)
 
Sulawesi Tengah (5/06). MDMC Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Sulawesi Tengah dan MDMC Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Tolitoli menyediakan dua Pos Muhammadiyah untuk evakuasi dini terdampak banjir (3/06) di Kabupaten Tolitoli Sulawesi Tengah (Sulut). Pos tersebut berada di gedung Dakwah Muhammadiyah Tolitoli Jalan Hasanudin dan di Kantor Kelurahan Tuweley Kecamatan Baolan.
 
 
Rustam H. Usman selaku Sekretaris MDMC PDM Tolitoli, evakuasi terdampak banjir di dua Pos Muhammadiyah dikarenakan puluhan rumah warga rusak dan hanyut akibatnya kurang lebih 400 orang diungsikan. Dua Pos Muhammadiyah digunakan untuk mengevakuasi terdampak serta menyediakan fasilitas kesehatan. “Sekarang MDMC Sulawesi Tengah baru tersedia tim medis dan obat-obatan,” kata Fikri Datunsolang selaku Koordinator Bidang Kepemimpinan dan Organisasi MDMC PWM Sulut.
 
 
Selain rumah warga yang hanyut, barang inventaris Amal Usaha Muhammadiyah (AUM) di Tolitoli seperti komputer dan buku-buku bahan pembelajaran di SMK Muhammadiyah Tolitoli, MTS Muhammadiyah Tolitoli, dan TK Aisyiyah Tolitoli juga ikut terbawa banjir.
 
 
Kendala yang terjadi untuk mengevakuasi terdampak banjir yakni akses jalan yang sulit karena jembatan yang roboh. upaya untuk mengadakan kebutuhan terdampak yakni dengan penggalangan dana yang dilakukan oleh MDMC PWM Sulawesi Tengah. Donasi juga dapat diberikan melalui rekening Lemabaga Amal Zakat Infaq dan Sedekah Muhammadiyah (LazisMu) 878-0171171 An. LaZis muhammadiyah (Rekening BCA). Fikri Datunsolang mengatakan, pihaknya terus berkoordinasi dengan MDMC PDM Tolitoli untuk penanganan selanjutnya.
 
Narasumber : Fikri Datunsolang MDMC PWM Sulawesi Tengah (082347059113)
Rustam H. Usman Sekretaris MDMC PDM Tolitoli (085341191818
 
Arif Jamali
MDMC Indonesia