Banjir Tolitoli Tim MDMC dan LazisMu Evakuasi Terdampak ke Pos Muhammadiyah

 
 
 
(14/06) Sulawesi Tengah. Upaya Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) dan LazisMu untuk menanggulangi bencana banjir  di Kabupaten Tolitoli belum selesai, kini banjir susulan merendam lima kecamatan. Hujan deras (13/06) mengguyur sejumlah kecamatan di Kabupaten Tolitoli sejak pukul 11.00- 16.00 WITA. Intensitas hujan yang tinggi, mengakibatkan air sungai Tuwuley meluap dan air merendam  pemukiman warga di kecamatan Baolan, Dakopamean, Galang, Ogogaide, dan Lampasido.
 
 
Sebanyak 914 warga terdampak di evakuasi ke Pos Pelayanan Muhammadiyah dan Pos Induk Muhammadiyah untuk menghindari arus air. Sedangkan kerusakan material sejumlah 415 Rumah warga terdampak mengalami kerusakan mulai dari rusak ringan, rusak sedang, hingga rusak berat.  Banyaknya kerusakan material yang dialami oleh warga di lima kecamatan tersebut, tim MDMC menugaskan 24 personil untuk menanggulangi bencana banjir  susulan.
Indrayanto selaku Tim Tanggap Darurat MDMC PP Muhammadiyah menyampaikan bahwa 11 orang berada di Pos Koordinasi, lima relawan bertugas di Pos Pelayanan Muhammadiyah, sedangkan  delapan relawan diminta untuk fokus penanggulangan di Pos Induk. “Pos koordinasi berada di Jalan Hasanudin nomor 45 Kelurahan Baru Baolan dan Pos Pelayanan di Jalan Elang Kelurahan Tuweley Baolan Kabupaten Tolitoli,” tambah Indrayanto.
 
 
Disamping itu, terdampak yang berada di Pos Muhammadiyah kemudian diberikan makanan dan minuman hangat sebagai pemenuhan kebutuhan logistik. Setelah warga dievakuasi ke masing-masing Pos Muhammadiyah, upaya penyisiran terdampak terus dilakukan hingga pukul 19.06 WIB. (Sulis)
 
Narasumber : Indrayanto (081228324625)
Rustam H. Usman (085341191818)
 
Arif Jamali
MDMC Indonesia