Senin Pagi (6/8) Posko Induk Muhammadiyah untuk Banjir Ambon Resmi Dibuka

Ambon – Setelah hamper satu pekan inisiatif angkatan muda Muhammadiyah Maluku, khususnya para kader Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) berlangsung menolong korban banjir yang terjadi di Kota Ambon, senin (06/08/2012) diepakati secara resmi PW Muhammadiyah Maluku membuka posko induk di Gedung Dakwah PD Muhammadiyah Ambon ; Jl. Permi No 37 Kalurahan Waihaong Kecamatan Nusaniwe Kota Ambon.

Menurut KorBid Tanggap Darurat Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC), Budi Santosa, keputusan pembukaan posko tersebut terjalin setelah tercapai kesefahaman semua elemen Muhammadiyah di Maluku bahwa masyarakat yang menjadi korban banjir sangat membutuhkan bantuan dalam berbagai aspek kehidupan, dan dalam waktu yang lama.

“Senin ini akan diresmikan pembukaan posko oleh Pimpinan Muhammadiyah bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah Prov. Maluku” terang Budi Santosa. “Bapak Zulkifli Lestaluhu menjadi koordinator posko, juga ditunjuk koordinator psikososial, logistik , layanan kesehatan dan posko satelit” terang Budi yang mendarat di Ambon pada ahad pagi (05/08/2012) bersama tim kesehatan dari MDMC Jawa Timur yang terdiri dari 2 dokter dan 3 perawat.

 Direncanakan mulai senin, Muhammadiyah akan membuka layanan kesehatan di Komplek SD Negeri Batumerah dengan titik layanan kunjungan ke  : STAIN, Paso, Aster, SKIP, SMP 6, Galala, Kanawa, Rumah 3, Negeri Lama, batu gajah, Waiyame, Tawiri, tantui, Jalan baru, amanusu, kebuncengkeh.

Sementara untuk posko satelit kedua direncanakan direncanakan di Pulau Seram.  Kondisi di  dusun nasiri dan lirang sangat parah dikarenakan dusun tersebut banjir sampai membelah dusun menjadi 2, sehingga  kebutahan tenaga medis,obat-obatan,  sembako. “Mengacu dari hal tersebut diminta oleh masyarakat hendaknya pulau seram dijadikan skala prioritas dalam mendirikan POSKO, implementasinya sedang kami bicarakan dengan pemerintah setempat” terang Budi lanjutnya. (arif)

Foto : Kerusakan di Kampung batu merah (Foto : Rivai Tuuleley)

Penggalangan dana secara nasional dilakukan oleh Lazis Muhammadiyah :

  • Rekening atas nama : LAZIS Muhammadiyah
  • BCA 8780171171, Mandiri 123 00 99 00 8999, BNI Syariah 00 915 39 444, BRI Syariah 2020 191 222
  • Konfirmasi Donasi via SMS 08561626222

Indeks Berita