Muhammadiyah dan Kesiapsiagaan Bencana,

 

Buku terbitan tahun 2009 disaat MDMC masih dalam fase perintisan ini merupakan salah satu buku yang cukup menjadi salah satu dasar pada pelaksanaan program ketika MDMC mendapat pengakuan resmi pada Muktamar Muhammadiyah tahun 2010.

Walaupun isi dari BAB 1 tentang profil MDMC telah mengalami banyak perubahan, BAB 2 hingga BAB 14 masih relevan  sesuai dengan visi penerbitan buku ini , sebagai pegangan aktifis Muhammadiyah dalam kesiagaan dan kesiapsiagaan bencana. BAB II dikupas tentang “Pengelolaan Bencana” yang cukup memberi gambaran mendasar mengenai definisi istilah dalam manajemen bencana, termasuk pergeseran paradigma dalam manajemen bencana.

Pembahasa diatas kemudia diikuti dengan BAB selanjutnya 3 – 13 yang menerangkan satu demi satu jenis bencana yang meliputi bentuk bahayanya dan gambaran kejadiannya. Selain itu, sesuai dengan visi Pengurangan Risiko Bencana, dalam masing-masing jenis bencana diterangkan pula upaya Pengurangan Risiko yang bisa dilakukan dan juga panduan eksperimen sederhana untuk menerangkan bagaimana terjadinya sebuah bencana.

Pada BAB 14, buku ini juga mengetengahkan mengenai konsep CBDRM (Commynity Based Disaster Risk Management) sebagai sebuah pengantar. Dilengkapi pula dengan tahapan proses penanggulangan bencana berbasis komunitas.

Selain BAB 1 yang memang dikhususkan membahas mengenai strategi Muhammadiyah dalam penanggulangan bencana, keseluruhan buku bisa dipakai oleh khalayak umum, walaupun penerbitannya disengaja sebagai panduan aktifis Muhammadiyah.

Download :