Pelatihan dan Manajemen Relawan

Foto : Relawan pasca latihan gabungan di pangkalan udara TNI AL Juanda, Surabaya

MDMC mengkoordinasikan relawan penanggula ngan bencana dari jaringan Muhammadiyah dengan berbagai latar belakang kompetensi. Relawan yang dikoordinasikan baik dari unsur relawan terlatih maupun relawan komunitas / lokal yang bergabung dalam satu kejadian bencana tertentu .

Relawan terlatih terdiri dari :

(1) Relawan Search And Rescue (SAR) yang disebut SAR Muhammadiyah, berasal dari anggota Pemuda Muhammadiyah/KOKAM, Mapala PTM dengan pelatihan tertentu.

(2) Relawan Disaster Medic Commite (DMC) , berasal dari Rumah Sakit Muhammadiyah / 'Aisyiyah dengan pelatihan tertentu

(3) Relawan Psikososial , berasal dari Psikolog perguruan tinggi Muhammadiyah, mahasiswa, kader IMM, IPM, Nasyiah dengan pelatihan tertentu

(4) Relawan Community Development, bertugasmengorganisasi komunitas pasca bencana. Berasal dari rekruitmen berbagai unsur Muhammadiyah dengan pelatihan tertentu.

Sementara relawan komunitas/ lokal berasal dari berbagai unsur lokal Muhammadiyah di lokasi bencana yang dimobilisasi oleh Pimpinan Muhammadiyah setempat dan bertugas mengelola posko penerimaan / distribusi logistik, keamanan posko, dapur umum posko.

Untuk pelatihan relawan terlatih, MDMC membuat pelatihan setiap tahunnya dan juga dilakukan oleh MDMC di tingkat Pimpinan Wilayah Muhammadiyah dan Pimpinan Daerah Muhammadiyah.

Video Pelatihan Relawan :

 

Kontak pelaksana program :

Indrayanto ( This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.