15 Ormas Mendapat Penghargaan oleh Kemendagri

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo memberi penghargaan kepada beberapa ormas dalam acara Anugerah Ormas Award Tahun 2018, di Hotel Redtop, Gambir, Jakarta Pusat, Selasa (6/11/2018). (KOMPAS.com/Devina Halim)

 

JAKARTA, KOMPAS.com – Sejumlah organisasi masyarakat ( ormas) mendapatkan penghargaan dari Kementerian Dalam Negeri dalam acara Anugerah Ormas Award Tahun 2018. Penghargaan tersebut diberikan langsung oleh Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo dalam acara yang diselenggarakan di Hotel Redtop, Gambir, Jakarta Pusat, Selasa (6/11/2018). Dalam sambutannya, Tjahjo menuturkan pentingnya peran ormas dalam dalam menjaga keutuhan bangsa dan menjaga kedaulatan Indonesia. “Peran ormas saya kira jelas, memberikan kontribusi besar dalam pembangunan, menjaga keutuhan NKRI, menjaga tetap tegaknya Pancasila, menjaga tetap bersatunya kemajemukan bangsa, termasuk menjaga keutuhan UUD 1945 sebagai ideologi negara,” terang Tjahjo. “Kedua adalah menjaga kedaulatan bangsa dan negara,” lanjut dia.

Pada kesempatan itu, Tjahjo juga meminta para ormas agar turut berperan aktif dalam mengatasi berbagai tantangan di Indonesia, seperti radikalisme dan terorisme, narkotika, korupsi, serta ketimpangan sosial. Terdapat sembilan kategori dengan 15 ormas yang berhasil membawa pulang penghargaan tersebut. Berikut daftar lengkap ormas yang menerima penghargaan: – Bidang Kesehatan: Yayasan Kasih Anak Kanker Indonesia (YKAKi) – Bidang Lingkungan Hidup: Pusat Perlindungan Orangutan atau Center of Orangutan Protection (COP) – Bidang Tata Kelola Pemerintah: Indonesia Corruption Watch (ICW) – Bidang Penanggulangan Bencana: Muhammadiyah Disaster Manajemen Center (Mdmc) – Bidang Kebudayaan: Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (Aman) – Bidang Pemberdayaan Perempuan: Yayasan Pemberdayaan Perempuan Kepala Keluarga (Pekka) – Bidang Pendidikan: Yayasan Perguruan Sultan Iskandar Muda – Kategori Bakti Sepanjang Hidup (Long Life Achievement): Yayasan Taman Siswa, Pimpinan Pusat Al-Irsyad Al-Islamiah, Wanita Katolik Republik Indonesia, Persatuan Islam (Persis) – Penghargaan Khusus: Gerakan Nasional Anti Narkoba (Granat), Gerakan Pemuda Ansor, Pemuda Muhammadiyah, Pemuda Pancasila

Sumber: Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “15 Ormas Mendapat Penghargaan oleh Mendagri”, https://nasional.kompas.com/read/2018/11/06/12402591/15-ormas-mendapat-penghargaan-oleh-mendagri.
Penulis : Devina Halim
Editor : Sabrina Asril

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Related Post

Recent Posts
Langganan Berita dan Artikel dari MDMC

Untuk langganan update Berita dan Artikel terbaru dari MDMC, silahkan tuliskan nama dan alamat e-mail di bawah ini