54 Peserta Ikuti Diklatsar Relawan Penanggulangan Bencana MDMC Palembang

mdmc
Palembang, Sumatera Selatan. Muhammadiyah Disaster Managemen Center (MDMC) Kota Palembang menyelenggarakan Pendidikan dan Latihan Dasar (Diklatsar) Relawan Penanggulangan Bencana dengan tema ‘Bersama Relawan Muhammadiyah Menebar Nilai Utama untuk Kemanusiaan”.
Diklatsar dilaksanakan selama tiga hari dua malam, sejak Jum’at sampai dengan Ahad, 7-9 Januari 2022 bertempat di SMA Muhammadiyah 8 Gandus, Palembang dan diikuti 54 peserta utusan dari Ortom (Organisasi Otonom) serta Amal Usaha Muhammadiyah (AUM) se-Kota Palembang.
Ketua panitia penyelenggara, Aditya Salam, menyampaikan diklatsar tersebut bertujuan untuk meningkatkan kapasitas relawan Muhammadiyah dalam penanggulangan bencana.
“Palembang dikenal aman terhadap gempa, tsunami dan tanah longsor, namun beresiko alami banjir. Sebagai warga Muhammadiyah, kita belajar dan mempersiapkan dalam menanggulangi bencana,” kata Aditya.
Sedangkan Kuswanto, Ketua MDMC Sumsel meminta relawan Muhammadiyah harus berani dan punya loyalitas yang tinggi. Relawan Muhammadiyah harus siap pra, saat, dan pasca Bencana.
Ketika tidak ada bencana, maka tugas MDMC melakukan mitigasi serta peningkatan kapasitas sumber daya manusia. “Seperti halnya diklatsar ini,” kata Kuswanto.
Menurutnya, untuk membantu harus ada kajian bantuan atau assesment yang perlu dilakukan. “Jadi tidak ada lagi ketika bencana hanya datang, kasih bantuan, selfi, lalu pulang,” tegas Kuswanto.
Kuswanto juga berharap, peserta mengikuti diklat tidak sekedar ceremonial, tapi tanamkan jiwa menolong sesama. “Setelah ini saya harapkan MDMC Kota Palembang didata serius, karena lebih baik melatih 5-10 orang yang serius daripada hanya ceremonial,” pungkasnya.
Kegiatan diklatsar dibuka langsung oleh Wakil Ketua PDM Kota Palembang Muh Mawangir. Dalam sambutanya, Mawangir meminta relawan untuk memobilisasi sumber daya dalam mitigasi, meminimalisir efek bencana, kesiapsiagaan, dan rehabilitasi pasca bencana. Mawangir juga menenkankan hal yang diperlukan MDMC adalah komunikasi, koordinasi dan kerjasama.
Selama diklat, para peserta mendapatkan materi Al Islam dan Kemuhammadiyahan, Fiqih Kebencanaan dan berbagai macam materi dasar kebencanaan yaitu Penanggulangan Bencana dan Kesiapsiagaan, Penanganan Gawat Darurat (PPGD), Teknik Evakuasi, Perencanaan Menu Dapur Umum, Teknik Dasar Mountenering dan Water Rescue. (Tim Media MDMC)
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Recent Posts
Langganan Berita dan Artikel dari MDMC

Untuk langganan update Berita dan Artikel terbaru dari MDMC, silahkan tuliskan nama dan alamat e-mail di bawah ini