Banjir di Katingan Surut, Muhammadiyah Kirim Tenaga Kesehatan

banjir katingan

Katingan – Kalimantan Tengah. Dengan dukungan penuh Lazismu, MDMC beserta organisasi otonom Muhammadiyah Kalimantan Tengah (Kalteng) melaksanakan kegiatan layanan kesehatan dan distribusi logistik yang dipusatkan di Posko Muhammadiyah Masjid Nurul Iman Kabupaten Katingan, Sabtu (18/09).

Kegiatan ini dilaksanakan karena pasca bencana banjir, biasanya akan muncul berbagai macam penyakit seperti sakit kulit, diare hingga Infeksi Saluran Pernapasan Atas (ISPA) menjangkiti para penyintas. Ini akibat kualitas kesehatan lingkungan menurun dan persebaran kuman penyakit yang terbawa banjir.

Para personil yang terlibat berasal dari Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM), Aisyiyah, Pemuda Muhammadiyah, Nasyiatul Aisyiyah, Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah, Ikatan Pelajar Muhammadiyah, Hizbul Wathan, Tapak Suci, Kokam dan Lazismu Kalimantan Tengah. Juga dari Pimpinan Daerah Aisyiyah dan RS Islam PKU Muhammadiyah Palangka Raya .

banjir katingan
Relawan MDMC Kalteng melaksanakan layanan kesehatan untuk warga penyintas banjir Katingan. Foto : MDMC Kalteng

Keberangkatan para relawan ini dilepas oleh Ketua PWM Kalteng, Ahmad Syar’I dan Rektor Universitas Muhammadiyah Palangkaraya, Sonedi di halaman kantor PWM Kalteng.

Untuk tempat kegiatan terbagi menjadi 3 titik yaitu di Masjid Nurul Iman Posko Muhammadiyah Kabupaten Katingan, di pos pelayanan (posyan) Desa Hiyang Bana dan di posyan Desa Jahanjang.

Sedangkan tim medis yang diterjunkan adalah tenaga kesehatan (nakes) dari RS Islam PKU Muhammadiyah Palangkaraya dan Perdoski (Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia) Kalimantan Selatan dan Tengah.

Tim ini terdiri dokter spesialis kulit dan kelamin 5 orang, spesialis penyakit dalam 1, dokter umum 3, perawat 6, bidan 2, apoteker 1 dan tenaga teknis kefarmasian 1. Jumlah penerima manfaat kegiatan  sebanyak 600 orang.

Selain itu juga dilaksanakan distribusi bantuan logistik di Kasongan dengan Penerima manfaat sebanyak 800 KK. Bantuan yang diberikan berupa sembako berupa beras, minyak goreng, gula pasir, teh, kopi dan ikan kaleng.

Diwaktu yang sama, MDMC dan Lazismu Kalimantan Selatan juga mengirimkan bantuan logistik dan personil menuju Kabupaten Katingan. Rombongan terdiri dari 3 mobil pengangkut logistik dan 2 mobil membawa personil. Turut serta dalam rombongan, ibu-ibu dari 4 Pimpinan Cabang Aisyiyah di Kota Banjarmasin.

Dalam respon tanggap darurat banjir di Kabupaten Katingan, Muhammadiyah Kalimantan Selatan beberapa waktu lalu mengirimkan 16 relawannya untuk membantu warga terdampak. Layanan yang diberikan berupa distribusi bantuan logistik, makanan siap saji dan dapur umum. (Tim Media MDMC)

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Recent Posts
Langganan Berita dan Artikel dari MDMC

Untuk langganan update Berita dan Artikel terbaru dari MDMC, silahkan tuliskan nama dan alamat e-mail di bawah ini