Berangkatkan Satu Kontiner Bantuan, PW Muhammadiyah Salurkan Donasi Bencana

PW Muhammadiyah Riau dan Sekber Penggalangan Bantuan Kemanusiaan Palu dan Donggala melepas secara simbolis penyaluran donasi di Kampus Universitas Muhammadiyah Riau, Selasa (6/11).

 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU – Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Riau bersama Sekretariat Bersama (Sekber) Penggalangan Bantuan Kemanusiaan Palu dan Donggala Lazismu Riau melepas secara simbolis penyaluran donasi di Kampus Universitas Muhammadiyah Riau, Selasa (6/11/2018).

Ketua Sekber Penggalangan Bantuan Kemanusiaan Palu dan Donggala Lazismu Riau, Hari Siyanto mengatakan, pengumpulan donasi untuk Palu dan Donggala tersebut dilakukan oleh gabungan seluruh lembaga Muhammadiyah.

Mulai dari Lazismu, Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) hingga lembaga lainnya, yang tergabung dalam Perserikatan Muhamadiyah.

“Baru tahun ini lakukan gerakan yang luar biasa. Satu sisi kita sedih, sisi lain kita dipersatukan satu sama lain untuk bahu membahu membantu saudara kita di Sulawesi Tengah. Sesuai dengan kesepakatan pihak Muhammadiyah pusat dan daerah, kita semua tergabung dalam Perserikatan Muhammadiyah,” paparnya.

Dia menambahkan penggalangan bantuan kemanusiaan itu dibagi dalam dua fase, pertama yakni tanggap darurat dalam bentuk dana dan kedua adalah recovery atau pemulihan.

“Minggu ini, kita masuk dalam tahap recovery. Insya Allah besok kita akan memberangkatkan satu kontainer barang. Kita lepas bersama-sama dari gedung Rektorat Universitas Muhammadiyah Riau di Jalan Nangka. Akan hadir Wakil Walikota Pekanbaru, Ayat Cahyadi nantinya,” jelas Hari.

Hari mengatakan, penggalangan bantuan kemanusiaan Palu dan Donggala dilakukan di tiga posko, yakni di Kampus Umri, Jalan Ahmad Dahlan dan di Jalan Nangka, tepatnya di depan Kantor Lazismu Riau.

“Hingga Senin kemarin, sudah terkumpul dana sebesar Rp 227 juta. Sebagian sudah kita kirim ke MDMC dan Lazismu Pusat. Fungsi kita adalah untuk meningkatkan ibadah untuk membantu orang yang membutuhkan, jadi kegiatan ini tidak hanya berhenti di sini saja, namun akan tetap berlanjut kedepannya,” tuturnya.

Ketua Pimpinan Wilayah Muhamadiyah Riau, DR H Saidul Amin MA mengucapkan terima kasih kepada Sekber Penggalangan Bantuan Kemanusiaan Palu dan Donggala Lazismu Riau yang telah sukses melakukan penggalangan dana.

“Kita patut acungi jempol. Mereka telah bekerja keras dan berhasil mengumpulkan dana dan barang dalam jumlah yang banyak. Semoga kedepannya menjadi contoh untuk lembaga lainnya dan menjadi salah satu maskot lembaga filantropi di Riau seperti lainnya,” ungkapnya.(*)

Sumber:
Artikel ini telah tayang di Tribunpekanbaru.com dengan judul Berangkatkan Satu Kontiner Bantuan, PW Muhammadiyah Salurkan Donasi Bencana, http://pekanbaru.tribunnews.com/2018/11/07/berangkatkan-satu-kontiner-bantuan-pw-muhammadiyah-salurkan-donasi-bencana.
Penulis: Zul Indra
Editor: Sesri

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Related Post

Recent Posts
Langganan Berita dan Artikel dari MDMC

Untuk langganan update Berita dan Artikel terbaru dari MDMC, silahkan tuliskan nama dan alamat e-mail di bawah ini