Dari Aceh Sampai Sorong, Lazismu Galang Dana Kemanusiaan Gempa-Tsunami Palu

Dari Aceh Sampai Sorong, Lazismu Galang Dana Kemanusiaan Gempa-Tsunami Palu

 

Jakarta – LAZISMU. Duka mendalam masih menyelimuti negeri ini. Belum usai bencana gempa di Lombok pada Agustus yang lalu, kini gempa yang disusul gelombang tsunami menghancurkan wilayah Donggala, Kota Palu dan sekitarnya pada Jumat sore jelang magrib (28/9/2018).

Lembaga Amil Zakat Nasional dalam hal ini Lazismu telah berkoordinasi dengan Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) Indonesia melalui One Muhammadiyah One Respons (OMOR) untuk melaksanakan tanggap darurat. Terhitung sejak gempa yang disertai tsunami itu terhenti Lazismu dan MDMC di wilayah Sulawesi Tengah bergerak membantu para terdampak gempa.

Menurut Indrayanto, Koordinator Tanggap Darurat MDMC PP Muhammadiyah, para relawan sudah mendirikan posko koordinasi (Poskor) di dua titik antara lain: Poskor Utama MDMC Palu, di Gedung Fakultas Ekonomi Unismuh, Palu dan Posko pendukung MDMC yang berada di Mamuju.

Dalam kesempatan itu, Lazismu telah menginstruksikan seluruh kantor layanan Lazismu di wilayah, daerah dan cabang untuk menggalang dana kemanusuiaan. Ketua Badan pengurus Lazismu, Hilman Latief, mengatakan penggalangan dana dilakukan di seluruh amal usaha, jaringan masjid-masjid Muhammadiyah dan masyarakat umum, terhitung mulai 28 September hingga 28 Oktober 2018.

“Penyaluran dana dilakukan secara terintegrasi oleh Lazismu Pimpinan Pusat dan wilayah terdekat yang bekerjasama dengan majelis dan lembaga terkait,” jelasnya.

Ketua Lazismu Lhokseumawe Farhan Zuhri Baihaqi, mengatakan, Lazismu di Lhokseumawe telah bergerak menggalang dana untuk gempa-tsunami di Palu. “Kami juga mengirim dua orang relawan untuk bergabung di Pos Koordinasi OMOR,” paparnya.

Dari Aceh Sampai Sorong, Lazismu Galang Dana Kemanusiaan Gempa-Tsunami Palu

Penggalangan dana kemanusuiaan ini juga diikuti Lazismu Kota Medan, Sumsel, Lampung dan Bengkulu. Dalam pantauan tim media Lazismu, seluruh kantor layanan di pulau Sumatera itu telah bergerak menggalang dana. Hal itu diketahui dari akun sosial media yang terus diupdate perihal informasi gempa-tsunami di Sulawesi Tengah.

Di pulau Jawa sendiri, terutama di wilayah Jawa Barat juga melakukan hal yang sama. Sementara di Jawa Tengah titik-titik kantor layanan Lazismu masih terus menggalang dana kemanusiaan. Beberapa kantor layanan Lazismu di Semarang, Pekalongan, Tegal, wonosobo, Banyumas, Banjarnegara, Kendal, Sragen, Magelang dan kantor lainnya saling berkoordinasi.

Hal senada disampaikan Zainul Muslimin, selaku Ketua Lazismu Jawa Timur. Kami di Jawa Timur masih menggalang dana sampai batas waktu yang ditentukan. Melihat kondisi yang parah di sana kami juga mengirim relawan. “Sambil terus mengupdate perolehan dana kemanusiaan, Lazismu lewat sosial media mengajak masyarakat untuk berdonasi,” katanya.

Ahad siang, 30 September 2018, seperti dilansir laman Lazismu Jatim (1/10/2018), 2 Tim relawan MDMC telah berangkat dari gedung Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Jawa Timur. Kedua tim itu akan bertugas selama 10 hari menangani korban bencana di Palu-Donggala.

Tim pertama sebanyak 8 orang dari MDMC Pusat berangkat menggunakan 2 unit kendaraan rescue melalui jalur laut menuju Makasar, lalu melanjutkan perjalanan darat hingga ke Palu. Tim pertama ini akan bertugas membantu proses evakuasi, mendirikan dan mengelola Posko.

Sementara itu, Ilham Kamba dari Lazismu Enrekang menyampaikan, relawan kemanusiaan dair Enrekang telah tiba di Posko MDMC Universitas Muhammadiyah Palu pukul 11.30 WITA dengan selamat. Sewaktu dalam perjalanan ketiga di Donggala, lanjut Ilham, rombongannya menyaksikan warga yang berebut untuk memeroleh makanan.

Dari Sorong dikabarkan oleh Ketua Lazismu, Nursalim, aksi galang dana untuk korban bencana gempa dan tsunami di Palu dan Donggala Sulawesi Selatan telah dilakukan melibatkan ortom dan lembaga serta majelis Muhamamdiyah Sorong.

Ia menambahkan, selain menerima bantuan donasi uang, Lazismu Kabupaten Sorong juga menerima bantuan dalam bentuk barang untuk kebutuhan anak-anak, balita dan perempuan termasuk makanan yang siap disalurkan ke daerah terdampak bencana melalui pos koordinasi MDMC. (na)

Sumber: https://www.lazismu.org/dari-aceh-sampai-sorong-lazismu-galang-dana-kemanusiaan-gempa-tsunami-palu/

Dari Aceh Sampai Sorong, Lazismu Galang Dana Kemanusiaan Gempa-Tsunami Palu
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Related Post

Recent Posts
Langganan Berita dan Artikel dari MDMC

Untuk langganan update Berita dan Artikel terbaru dari MDMC, silahkan tuliskan nama dan alamat e-mail di bawah ini