Lazismu – MDMC Siapkan Pos Koordinasi di Banten dan Lampung Selatan

 

Banten – LAZISMU. Gelombang Tsunami yang datang tiba-tiba di malam hari (22/12/2018), mengakibatkan wilayah pantai Selat Sunda mengalami kerusakan dan memakan korban yang jumlahnya terus bertambah.

Data sementara BNPB hingga Minggu, 23/12/2018 pukul 16.00 WIB tercatat 222 orang meninggal dunia, 843 orang luka-luka dan 28 orang hilang.

Dalam data tersebut korban dan kerusakan ini meliputi di 4 (empat) kabupaten terdampak, yaitu di Kabupaten Pandeglang, Serang, Lampung Selatan dan Tanggamus.

Jumlah ini, menurut Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho diperkirakan masih akan terus bertambah karena belum semua korban berhasil dievakuasi, belum semua Puskesmas melaporkan korban, dan belum semua lokasi dapat didata keseluruhan. Kondisi ini menyebabkan data akan berubah.

Dalam pantauan Lazismu dari Labuan Banten, tadi malam hilir-mudik kendaraan yang membawa bantuan dan relawan masih terus berdatangan menuju posko masing-masing.

Menurut Rijal. A Mohammmadi dari MDMC Banten, koordinasi antar elemen Muhammadiyah dan BPBD setempat telah dikomunikasikan. “Rapat koordinasi response tanggap darurat berlangsung di Pos Koordinasi SMK Muhammadiyah, Labuan, Banten,” terangnya kepada Lazismu di Pos Koordinasi sementara di Desa Caringin, Labuan, Banten.

Termasuk menyiapkan titik-titik posko untuk kebutuhan dapur umum, layanan kesehatan dan lainnya. Tim Kesehatan dari RSIJ Pondok Kopi sudah datang semalam di Pandeglang, dan menyusul RSIJ Cempaka Putih, demikian informasi yang dihimpun dari relawan Muhammadiyah semalam.

Sementara itu, dari Lampung Selatan dikabarkan bahwa MDMC dan PWM Lampung juga sudah berkoordinasi dengan berbagai pihak. Ahsanal Huda dari MDMC Lampung mengabarkan Pos Koordinasi sudah berdiri di SMP Muhammadiyah 1 Rajabasa, Lampung Selatan.

Ahsanal dalam laporannya yang diterima Lazismu menyampaikan kebutuhan mendesak yang perlu segera diberikan untuk para penyintas adalah makanan dan minuman, hygiene kit, dapur umum, dan keperluan lainnya untuk anak-anak dan perempuan melalui sitrep yang telah dikoordinasikan kepada jaringan media daring MDMC. (na)

Sumber: https://www.lazismu.org/lazismu-mdmc-siapkan-posko-di-banten-dan-lampung-selatan/

Bagikan artikel ini ke sahabat Anda.
Facebook
Twitter
WhatsApp
Email
Komentar Anda