LLHPB Aisyiyah Jepara Gelar Latihan Kesiapsiagaan Bencana

hari kesiapsiagaan bencana

Jepara, 10/04/2021. Dalam rangka menyemarakkan Hari Kesiapsiagaan Bencana tahun 2021 yang jatuh pada tanggal 26 April 2021 mendatang, LLHPB Aisyiyah Jepara menginisiasi Simulasi Antisipasi Bencana Kebakaran pada hari Jum’at 9/04/2021, bertempat di halaman kantor Damkar Jepara.

Hadir membuka acara tersebut, Ketua PDA Jepara Sugiarti di damping Wakil Ketua PDA koordinator bidang LLHPB Deny Ana I’tikafia, Ketua LLHPB Kusnitah dan sebagian besar relawan Aisyiyah Jepara yang tergabung dalam LLHPB, serta di pandu oleh Kasi Damkar Surono beserta staf.

Latihan penanggulangan resiko bencana ini dilaksanakan bersama dengan MDMC, Kokam, IPM, Tapak Suci, Hisbul Wathan serta di dukung oleh Lazismu Jepara. Latar belakang diselenggarakannya kegiatan ini karena LLHPB Aisyiyah dalam respon bencana memperkuat tim MDMC di Dapur Umum.

Dalam sambutannya Ketua PDA Jepara Sugiarti menyampaikan ucapan terimakasih atas kiprah LLHPB Aisyiyah Jepara, “LLHPB selama ini telah berperan aktif dalam respon bencana dan semoga ilmu yang didapatkan dapat menambah wawasan dapat diterapkan pada keluarga dan organisasi,” katanya.

Acara di lanjutkan dengan praktek langsung dipimpin oleh Kasi Damkar Surono. Dalam kesempatan tersebut, Surono menyatakan rasa bangganya akan antusiasme peserta, ”LLHPB adalah para relawan srikandi Aisyiyah yang didukung oleh semua relawan Muhammadiyah penting untuk mendapatkan ilmu mencegah dan mengatasi kebakaran,” ujarnya.

Surono menambahkan bahwa bencana kebakaran adalah tanggung jawab bersama, “Karena kebakaran bukan hanya tanggung jawab petugas damkar, namun masyarakat secara umum wajib ikut serta untuk mencegah dan menanggulangi bahaya kebakaran,” terangnya

Usai simulasi acara dilanjut pengarahan oleh wakil ketua PDA Jepara Koordinator Bidang LLHPB. Kepada semua peserta, Deny Ana I’tikafia menyampaikan pentingnya kegiatan tersebut. ”Karena kita punya slogan OMOR (One Muhammadiyah One Respon). LLHPB bukan milik ibu-ibu Aisyiyah saja, melainkan para kader AMM, juga partisipasi bapak PCM, PRM serta ibu PCA dan PRA. Semua ortom bergerak dalam penanggulangan bencana,” ujarnya.

Menurut Deny Ana I’tikafian, itulah mengapa latihan dilaksanakan bersama dengan MDMC, Kokam, IPM, Tapak Suci, Hisbul Wathan serta di dukung oleh Lazismu Jepara. Acara ditutup dengan ramah tamah, foto bersama dan sholat ashar berjamaah di musholla Al Ashar. (LLHPB Aisyiyah Jepara/Deny Ana I’tikafia).

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Recent Posts
Langganan Berita dan Artikel dari MDMC

Untuk langganan update Berita dan Artikel terbaru dari MDMC, silahkan tuliskan nama dan alamat e-mail di bawah ini