MDMC Jawa Tengah Gelar Latihan Gabungan

MDMC Jawa Tengah Gelar Latihan Gabungan

NASIONALXPOS.CO.ID, CILACAP – Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) Jawa-Tengah, gelar latihan gabungan (Latgab) ke-5 di Kecamatan Wanareja, Kabupaten Cilacap.

Latihan Gabungan diawali dengan upacara pembukaan yang di pimpin Farid Ma’ruf Sekretaris Daerah (Sekda) Cilacap, di alun-alun Kecamatan Wanareja

Dalam sambutan yang disampaikan Sekda, Bupati Cilacap Tatto Suwrto Pamuji mengatakan, hampir 90% bencana merupakan bencana Hydro Meteoroligis yang terkait air dan cuaca, seperti banjir, kekeringan, longsor, angin ribut dan gelombang pasang.

Hal tersebut dapat terlihat pada data wilayah rawan bencana di Kabupaten Cilacap, dimana dari 284 Desa/Kelurahan yang ada di Kabupaten Cilacap, yang merupakan daerah rawan bencana mencapai hampir 48,6% atau 138 desa di 21 Kecamatan merupakan wilayah rawan banjir.

“Sebanyak 91 desa di 13 kecamatan rawan tanah longsor, 59 desa/kelurahan di 17 kecamatan rawan angin Topan, 79 Desa di 13 Kecamatan rawan kekeringan, dan 40 Desa di 9 Kecamatan merupakan wilayah rawan gelombang pasang dan Tsunami,” papar Farid

Dalam kesempatan Latihan Gabungan ini, Bupati Cilacap melalui Sekda, memberikan bantuan uang sebesar 5 juta, Bupati berpesan semoga dengan adanya Latgab MDMC ini, bisa meningkatkan profesionalisme para relawan dalam menanggulangi bencana alam terutama cara evakuasi korban.

Nabiul Umam, Ketua MDMC Jawa Tengah mengatakan, peserta latihan gabungan untuk penanggulangan bencana, diikuti 839 peserta, Kontingen 39, panitia Daerah dan Cabang 139.

“Untuk warga yang berperan sebagai pengungsi sebanyak 239 orang, latihan gabungan dilaksanakan selama 39 jam,” jelas Umam.

Upacara pembukaan Latgab diikuti Forkompimcam, Camat Wanareja Bintang Dwi Cahyono, Kapten Sidin Danramil, AKP Gunung Krido Wahono Kapolsek, serta seluruh Kepala Desa dan para kepala UPT dan Kepala Sekolah.

Sementara dari Kabupaten Cilacap hadir diantaranya, Taryo S.sos Kabag Humas Pemda, Tri Komara BPBD, Kabid Darurat BPBD Martono, dan Ketua MDMC Cilacap Tasnarto.(Junaedi)

Sumber: https://www.nasionalxpos.co.id/2018/09/mdmc-jawa-tengah-gelar-latihan-gabungan.html

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Recent Posts
Langganan Berita dan Artikel dari MDMC

Untuk langganan update Berita dan Artikel terbaru dari MDMC, silahkan tuliskan nama dan alamat e-mail di bawah ini