MDMC Sudah Bergerak Ke Poso Sejak Jumat Malam

MDMC Sudah Bergerak Ke Poso Sejak Jumat Malam

JAKARTA, MENARA62.COM — Relawan MDMC sudah bergerak ke Poso sejak Jumat malam. Ketua Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) PP Muhammadiyah, Budi Setiawan mengungkapkan, MDMC telah memberangkatkan tim pada Jumat (28/9/2018) malam.

Tim yang diberangkatkan yakni, MDMC Toli-Toli 5 orang, MDMC Sulawesi Tengah 5 orang, MDMC Gorontalo 3 orang, RS Muhammadiyah Lamongan 1 dokter dan 3 perawat, RS Muhammadiyah Siti Khadijah Makassar 1 dokter dan 1 perawat, RS ‘Aisyiyah Pinrang 1 dokter dan 2 perawat, serta tim asistensi MDMC PP Muhammadiyah 2 orang.

Hingga Sabtu (29/8/2018), data MDMC menyebutkan, ada 384 orang meninggal, 29 orang dinyatakan hilang, dan 540 orang luka-luka. Diperkirakan, jumlah korban akan terus bertambah, mengingat pencarian korban masih terus dilakukan.

Laporan relawan MDMC menyebutkan, akses transportasi menuju dan dari Palu per tanggal 29 Septembar dini hari, Bandara Palu masih ditutup karena landasan pacu mengalami kerusakan.

Jalur Alternatif , Jakarta – Makassar – Poso naik pesawat. Kemudian menggunakan mobil 5 jam ke Palu. Hari Sabtu (29/9/2018) pagi, jalur darat Poso – Palu terputus karena longsor menutupi badan jalan .

Jakarta – Gorontalo – Buol naik pesawat. Kemudian menggunakan mobil 15 jam ke PaluJakarta – Makassar – Luwuk menggunakan pesawat, kemudian naik mobil 12 jam ke Palu.
Jakarta – Makassar – Sulbar naik pesawat, kemudian menggunakan mobil 8 jam.
Jalur darat Palu – Donggala , per 29 September dinihari masih terputus.
Ampana–Poso-Parigi, jalur terputus di daerah Kebun Kopi, titik longsor 40 km dari Palu.

Jalur alternatif yang bisa digunakan saat ini (pukul 12:14 WIB)
Jakarta-Makasar-Poso menggunakan pesawat, kemudian menggunakan kendaraan roda empat dan roda dua menuju Napu, dengan jarak tempuh tiga jam. Dari Napu, kemudian menuju Sigi ditempuh dalam dua jam. Lalu dari Sigi-Palu ditempuh dalam waktu sekitar 30 menit.

Saat ini jalur darat akses dengan kendaraan roda empat ke hanya bisa melalui Napu-Palu. Sementara sarana komunikasi, pada Sabtu pagi, sejumlah rekan relawan MDMC pada beberapa titik di Palu bisa dihubungi dengan menggunakan provider telekomunikasi telkomsel dan XL.

Sumber: http://menara62.com/2018/09/29/mdmc-sudah-bergerak-ke-poso-sejak-jumat-malam/

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Recent Posts
Langganan Berita dan Artikel dari MDMC

Untuk langganan update Berita dan Artikel terbaru dari MDMC, silahkan tuliskan nama dan alamat e-mail di bawah ini