Mendagri Beri Penghargaan kepada 15 Ormas: ICW hingga Muhammadiyah

Mendagri Tjahjo Kumolo berikan penghargaan kepada sejumlah ormas yang berjasa bagi bangsa, Hotel Redtop, Pacenongan, Selasa (6/11/2018). (Foto:Ricad Saka/kumparan)

 

Kementerian Dalam Negeri memberikan penghargaan kepada sejumlah organisasi masyarakat (ormas) atas bakti dan partisipasinya kepada bangsa. Penghargaan diberikan dalam acara Forum Koordinasi Nasional Ormas dan Anugerah Ormas Award Tahun 2018

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo menjelaskan, Kemendagri memberikan penghargaan sebagai upaya mendorong setiap ormas dalam meningkatkan semangat merawat ke-Indonesiannya.

“Mudah-mudahan dengan acara seperti ini bisa memberikan dan menambah motivasi, serta semangat kepada setiap ormas untuk berbakti kepada bangsa dan negara kita, merawat ke-Indonesiaan,” kata Tjahjo dalam sambutannya di Hotel Redtop, Pacenongan, Jakarta Pusat, Selasa (6/11).

Menurut Tjahjo, ormas merupakan bagian dari tanggung jawab negara untuk menyediakan ruang bagi masyarakat dalam menyampaikan aspirasi dan pemikirannya. Hal itu juga diatur dalam UUD 1945, yakni setiap warga negara memiliki hak untuk berserikat.

Mendagri Tjahjo Kumolo di Hotel Redtop, Pacenongan, Selasa (6/11/2018). (Foto:Ricad Saka/kumparan)

 

“UUD memberikan kebebasan kepada setiap warga negara untuk berserikat, berpartisipasi dan berkumpul menyampaikan pendapat, aspirasi, pemikiran secara lisan maupun tulisan,” tegas politikus PDIP itu.

Tjahjo kemudian menceritakan pengalamannya saat aktif sebagai pengurus Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) di Semarang. Sebelum menjadi anggota DPR, Tjahjo mengakui saat itu lebih aktif di KNPI tingkat Kota Semarang, bahkan hingga ke tingkat Provinsi Jawa Tengah

Mendagri Tjahjo Kumolo berikan penghargaan kepada sejumlah ormas yang berjasa bagi bangsa, Hotel Redtop, Pacenongan, Selasa (6/11/2018). (Foto:Ricad Saka/kumparan)

 

“Hingga saya menjabat sebagai Sekjen KNPI dan setelah itu menjabat sebagai Ketua KNPI, barulah saya menjadi anggota dewan dari Golkar dan mewakili suara dan aspirasi tentara,” tutup Tjahjo.
Berikut daftar ormas yang mendapat penghargaan dengan sejumlah kategori:
Kategori penghargaan bagi ormas:
1. Bidang Pendidikan: Yayasan Taman Iskandar Muda.
2. Bidang Pemberdayaan Perempuan: Pemberdayaan Perempuan Kepala Keluarga (PEKKA).
3. Bidang Tata Kelola Pemerintahan: Indonesia Corruption Watch (ICW).
4. Bidang Penggalangan Bencana: Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC).
5. Bidang Kebudayaan: Aliansi Masyarakat Adat Nusantara.
6. Bidang Kesehatan: Yayasan Kasih Anak Kanker Indonesia (YKAKI).
7. Bidang Lingkungan Hidup: Pusat Perlindungan Orang Utan

Penghargaan bakti sepanjang hidup:
1. Yayasan Taman Siswa.
2. Pimpinan Pusat Al Irsyad Al Islamiah.
3. Wanita Katolik Republik Indonesia.
4. Persatuan Islam (PERSIS).

Penghargaan khusus:
1. Gerakan Nasional Anti-narkotika (GRANAT).
2. Pemuda Pancasila (PP).
3. Gerakan Pemuda Ansor.
4. Pimpinan Pusat Muhammadiyah.

Sumber: https://kumparan.com/@kumparannews/mendagri-beri-penghargaan-kepada-15-ormas-icw-hingga-muhammadiyah-1541478649673284896

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Related Post

Recent Posts
Langganan Berita dan Artikel dari MDMC

Untuk langganan update Berita dan Artikel terbaru dari MDMC, silahkan tuliskan nama dan alamat e-mail di bawah ini