Muhammadiyah Gelar Layanan Kesehatan di NTT

banjir longsor NTT

Kupang, 11/04/2021. Setelah menempuh perjalanan panjang dari Jawa Tengah, Jawa Timur dan Palembang, tiga tim medis dari Emergency Medical Team (EMT) Nasional Muhammadiyah tiba di Nusa Tenggara Timur pada hari Jum’at dan Sabtu (9-10/04/2021).

Dua tim yang tiba di hari Jum’at berasal dari PKU Muhammadiyah Karanganyar, Jawa Tengah dan Rumah Sakit Muhammadiyah Lamongan, Jawa Timur. Sedangkan tim yang tiba di hari Sabtu dari RS Muhammadiyah Palembang.

Corona Rintawan, personil asistensi medis MDMC PP Muhammadiyah dalam keterangannya mengatakan prioritas pertama bagi EMT Nasional Muhammadiyah begitu tiba di Nusa Tenggara Timur adalah koordinasi dengan stake holder setempat.

“Di internal, kami berkoordinasi dengan unsur Persyarikatan Muhammadiyah NTT dan untuk eksternal kami melapor serta melakukan registrasi ke otoritas kesehatan disini. Tim kami bekerja berdasarkan arahan dari otoritas kesehatan di daerah yang dituju dan harus mendukung layanan yang mereka jalankan,” katanya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Muhammadiyah memberangkatkan EMT nasionalnya ke NTT berjumlah 15 personil tenaga kesehatan yang terbagi dalam tiga tim dari tiga rumah sakit yang berbeda. Masing-masing bertugas di 3 wilayah yaitu di Adonara Kabupaten Flores Timur, Kabupaten Lembata dan Kupang dengan tiga pendamping personil asistensi berbeda-beda pula.

Tim medis dari RS Muhammadiyah Lamongan yang bertugas di Adonara, Kabupaten Flores Timur didampingi oleh Corona Rintawan. “Tim RS Muhammadiyah Lamongan hari ini sudah melaksanakan Rapid Health Assesment atau RHA di Desa Oyangbarang, Kecamatan Wotan Ulumado, Flores Timur dan akan diperluas di desa lainnya,” kata Corona Rintawan dalam laporannya.

Chairil Anam, personil asistensi MDMC PP Muhammadiyah yang bertugas di Kupang mendampingi tim medis dari RS Muhammadiyah Palembang. “Tim medis RS Muhammadiyah Palembang hari ini (11/04/2021) membuka layanan di Desa Tuapukan, Kecamatan Kupang Timur, Kabupaten Kupang dan sudah melayani 40 orang warga,” kata Chairil Anam.

Sedangkang tim medis dari RS MUhammadiyah Karanganyar bertugas di Kabupaten Lembata dengan pendamping Huda Khairun Nahar (Huda). “Hari ini, Minggu 11 April 2021 tim medis dari RS Muhammadiyah Karanganyar sudah mulai melaksanakan layanan kesehatan di Kelurahan Lewoleba Tengah, Selandoro dan Aula BKD PSDM serta melakukan RHA di Kecamatan Omesuri,” ungkap Huda dalam laporannya.

Untuk mendukung pergerakan dan layanan EMT Nasional Muhammadiyah, MDMC PP Muhammadiyah mengirimkan personil logistik peralatan (logpal) sebanyak 8 orang. Sedangkan untuk mendukung layanan kemanusiaan Muhammadiyah di NTT secara keseluruhan, Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Timur pada hari Sabtu (10/04/2021) mengirimkan bantuan logistik dengan dukungan dari TNI Angkatan Laut.

Logistik yang terdiri dari Air Mineral LAZISMU, mie instant, kasur lipat, rendangmu, kornetmu, biskuit, masker dan alat-alat kebersihan tersebut diangkut dengan KRI Semarang yang bertolak dari Suarabaya dan diperkirakan tiba di Adonara, Flores Timur hari ini, Minggu (11/04/2021). (Tim Media MDMC).

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Recent Posts
Langganan Berita dan Artikel dari MDMC

Untuk langganan update Berita dan Artikel terbaru dari MDMC, silahkan tuliskan nama dan alamat e-mail di bawah ini