Muhammadiyah Kalimantan Selatan Kirim 16 Relawan Bantu Atasi Banjir Katingan

muhammadiyah kalimantan selatan

Kota Banjarmasin — Setelah melakukan berbagai persiapan, tim relawan Muhammadiyah Kalimantan Selatan diberangkatkan menuju lokasi bencana banjir di Kabupaten Katingan, Kalimantan Tengah.

Relawan yang dikirim berasal dari Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) dan Lembaga Amil Zakat, Infaq, dan Shadaqah Muhammadiyah (Lazismu) Kalimantan Selatan dengan membawa perlengkapan serta berbagai bantuan.

Keberangkatan tim dilepas oleh Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Kalimantan Selatan di Kampus Utama Universitas Muhammadiyah Banjarmasin, Jalan Gubernur Sarkawi, Handil Bakti, Kabupaten Barito Kuala, Kamis (09/09) malam.

Tim ini berjumlah 16 orang personil, terdiri dari 4 personil dapur umum MDMC Kabupaten Kotabaru, 8 personil rescue  MDMC Kabupaten Tanah Bumbu.

Kemudian 2 personil rescue dan operator perahu MDMC Kabupaten Hulu Sungai Tengah, 1 personil MDMC Kalimantan Selatan selaku Koordinator Relawan dan 1 personil Lazismu Wilayah Kalimantan Selatan selaku monitoring serta evaluasi.

Hadir melepas para relawan tersebut, M. Adriani Yulizar dari jajaran PWM Kalimantan Selatan.  “Alhamdulillah hari ini Kamis, tanggal 9 September 2021 malam ini kita akan melepas rombongan MDMC Kalimantan Selatan dan Lazismu dengan misi bantuan kemanusiaan kepada saudara-saudara kita yang tertimpa musibah banjir di Kalimantan Tengah,” sambutnya.

Ia juga menyampaikan apresiasi dari PWM Kalimantan Selatan dan memberikan semangat. “Semoga kawan-kawan yang hari ini berangkat diberikan kesehatan, kekuatan menghadapi berbagai macam cobaan dan rintangan ketika melaksanakan misi kemanusiaan ini. Terima kasih, kami dari PWM Kalimantan Selatan mengapresiasi sekali kegiatan ini,” ucapnya.

Dalam kesempatan itu, disampaikan juga bantuan senilai 10 juta rupiah dari Rektor Universitas Muhammadiyah Banjarmasin, Ahmad Khairuddin guna mendukung misi kemanusiaan Muhammadiyah Kalimantan Selatan tersebut.

Mewakili Rektor, Adriani Yulizar yang juga merupakan Wakil Rektor II Universitas Muhammadiyah Banjarmasin menyampaikan harapannya terkait bantuan itu. “Mudah-mudahan sedikit bantuan dari kami ini meringankan beban saudara-saudara kita yang ditimpa musibah,” harapnya.

Terakhir ia juga mendoakan akan musibah ini segera berlalu. “Kami dari Universitas Muhammadiyah Banjarmasin selalu mendoakan mudah-mudahan musibah ini cepat berlalu dan kawan-kawan yang hari ini melaksanakan tugasnya diberikan kesehatan dan keselamatan,” tutupnya.

Miftah Farih, dari Divisi Tanggap Darurat, Rehabilitasi, dan Rekonstruksi (TDRR) MDMC Kalimantan Selatan sekaligus Koordinator Relawan menjelaskan bahwa tim yang diberangkatkan mempunyai keahlian khusus.

 “Kami membawa relawan yang mempunyai keahlian khusus dalam penanggulangan bencana seperti tim dapur umum yang nantinya mendukung produksi makanan siap saji di lokasi bencana. Selain itu juga ada relawan rescue yang nantinya terjun ke lapangan langsung dengan menggunakan dua perahu yang juga ikut dibawa,” terangnya.

Farih juga memohon doa dari warga persyarikatan di Kalimantan Selatan untuk para relawan yang menjalankan misi kemanusiaan ini. “Kami memohon doa untuk keselamatan para relawan yang berangkat baik saat di perjalanan maupun saat menjalankan tugas di lokasi bencana,” imbuhnya.

Selain membawa personil relawan, Muhammadiyah Kalimantan Selatan juga didukung dengan 2 armada mobil taktis dari Lazismu Kabupaten Hulu Sungai Tengah dan Lazismu Kabupaten Kotabaru, 1 mobil ambulans PDM/Lazismu Kabupaten Tanah Bumbu.

Ditambah 1 mobil pengangkut barang Pondok Pesantren Modern Al-Furqan Muhammadiyah Kota Banjarmasin, 1 perahu karet hibah jamaah Masjid Al Jihad/PCM 4 Kota Banjarmasin, dan 1 perahu fiber bermesin hibah dari Lazismu Wilayah Jawa Timur.

Lazismu Wilayah Kalimantan Selatan terus menggalang bantuan kemanusiaan untuk Kalimantan Tengah. Donasi dapat disalurkan melalui rekening BSI 7100799299 atas nama Lazismu Kalsel.

Selain itu, bantuan berupa barang seperti sembako berupa beras, minyak goreng, bumbu, mie instan, gula, telur; kebutuhan anak seperti selimut dan popok; kebutuhan wanita berupa pembalut; serta perlengkapan mandi dapat disalurkan melalui Pos Penerimaan Bantuan yang berada di kantor Lazismu Wilayah Kalimantan Selatan, Jalan Perdagangan RT. 22 Ruko No. 3 Kelurahan Kuin Utara, Kecamatan Banjarmasin Utara, Kota Banjarmasin. (MDN)

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Recent Posts
Langganan Berita dan Artikel dari MDMC

Untuk langganan update Berita dan Artikel terbaru dari MDMC, silahkan tuliskan nama dan alamat e-mail di bawah ini