Muhammadiyah Kirim Bantuan Kesehatan ke Donggala-Palu

Dua unit mobil SAR MDMC berangkat dari Surabaya menuju Kota Makassar melalui jalur laut.

Yogyakarta, Gontornews — Ketua Umum PP Muhammadiyah, Haedar Nashir mengucapkan bela sungkawa atas terjadinya musibah gempa dan tsunami di Donggala, Palu, yang terjadi pada hari Jum’at (28/9) kemarin. Sebagaimana diketahui Donggala, Palu diguncang gempa berkekuatan 7,1 Skala Richter yang selanjutnya disebut sebagai pemicu Tsunami. Otoritas setempat mengabarkan bahwa setidaknya 384 warga Donggala tewas akibat musibah tersebut.

“Semoga suadara-saudara tercinta di dua wilayah tersebut tetap diberi kesebaran, ketabahan, dan tawakkal atas musibah itu. Seraya tetap tenang, waspada dan tegar dalam menghadapinya,” kata Haedar Nashir sebagaimana dilansir Muhammadiyah.or.id

Dalam pernyataan singkatnya, Muhammadiyah telah menginstruksikkan kepada seluruh organ organisasinya seperti ‘Aisyiyah dan amal usaha Muhammadiyah untuk membantu meringankan beban warga korban bencana gempa dan tsunami di Donggala, Palu.

“Muhammadiyah berusaha berbagi meringankan beban atas musibah ini, khususnya MDMC (Muhammadiyah Disaster Management Center) dan para relawan kemanusiaan  di bawah koordinasi Lembaga Penanggulangan Bencana (LPB) dan kerjasama dengan MPKU, LazisMu serta Muhammadiyah setempat sudah siap bergerak membantu para korban,”

“Kepada masyarakat, khususnya warga Muhammadiyah, untuk dapat membantu dan menyalurkan bantuan melalui LazisMu,” jelas Haedar.

Dalam kesempatan yang sama, Muhammadiyah juga meminta agar Pemerintah dapat meningkatkan kualitas dalam penanganan bencana di Palu seperti peringatan dini atau early warning yang melibatkan sejumlah pihak seperti Badan Meteorogi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Badan Nasional Penanggulangan Bencana dan sebagainya.

“Pemerintah dalam memberikan pernyataan hendaknya lebih mengutamakan langkah- langkah penanganan dan panduan bagi masyarakat, bukan pada penjelasan ilmiah yang berlebihan tentang terjadinya musibah,” papar Sekretarisu Umum Muhammadiyah, Abdul Mu’ti.

Sebagai langkah nyata, Ketua MDMC PP Muhammadiyah, Budi Setiawan melaporkan bahwa pihaknya telah memberangkatkan tim pada Jumat (28/9) malam yang terdiri dari MDMC Toli-Toli 5 orang, MDMC Sulawesi Tengah 5 orang, MDMC Gorontalo 3 orang, RS Muhammadiyah Lamongan 1 dokter dan 3 perawat, RS Muhammadiyah Siti Khadijah Makassar 1 dokter dan 1 perawat, RS ‘Aisyiyah Pinrang 1 dokter dan 2 perawat, serta tim asistensi MDMC PP Muhammadiyah 2 orang. [Mohamad Deny Irawan]

Sumber: https://gontornews.com/2018/09/30/muhammadiyah-kirim-bantuan-kesehatan-ke-donggala-palu/

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Recent Posts
Langganan Berita dan Artikel dari MDMC

Untuk langganan update Berita dan Artikel terbaru dari MDMC, silahkan tuliskan nama dan alamat e-mail di bawah ini