Peduli Anak, MDMC Bengkulu Terima Penghargaan Dari Walikota

hari anak nasional 2021

Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) Bengkulu menerima penghargaan dari Walikota Bengkulu atas peran serta kerjasamanya dalam memenuhi hak anak. Penghargaan diserahkan dalam rangkaian puncak peringatan Hari Anak Nasional tingkat Kota Bengkulu yang digelar aula Rafles City, Kota Bengkulu, Rabu (08/09).

Kegiatan tersebut digelar oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Bengkulu. MDMC Bengkulu menerima penghargaan yang diserahkan oleh Wakil Walikota Bengkulu, Dedi Wahyudi, bersama beberapa lembaga lain.

“Penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi pemerintah kepada lembaga-lembaga masyarakat yang selama ini bekerjasama membantu memenuhi kebutuhan dan hak anak” kata Dedi Wahyudi dalam sambutannya.

Ketua MDMC Bengkulu, Agus Widianto, mengungkapkan penghargaan ini diterima atas karya dan upaya MDMC Bengkulu dalam mewujudkan hak anak melalui berbagai kegiatan kebencanaan.

“Kami selama ini memang biasa melakukan pendampingan kepada anak-anak baik pada masa tanggap darurat bencana maupun kegiatan mitigasi,” kata Agus.

satuan pendidikan aman bencana
Kegiatan Program Satuan Pendidikan Aman Bencana (SPAB) MDMC Bengkulu di beberapa sekolah sebagai pendampingan terhadap anak-anak dalam mengantisipasi kejadian bencana. Foto : MDMC Bengkulu.

Agus menambahkan, pada masa tanggap darurat bencana pihaknya menginisiasi sekolah darurat bagi anak-anak penyintas. “Kami memberikan dukungan psikososial anak-anak penyintas, memberi dukungan pemenuhan kebutuhan anak dan bahkan pendampingan kepada anak berkebutuhan khusus,” ungkapnya.

Dalam giat mitigasi, menurut Agus, MDMC Bengkulu juga melakukan kegiatan pendampingan terhadap anak dan remaja. “Melalui kegiatan Satuan Pendidikan Aman Bencana (SPAB) di sekolah-sekolah dari tingkat dasar hingga menengah kami berbagi pengetahuan dalam menghadapi bencana kepada anak-anak dan remaja di sekolah” imbuh Agus.

Kegiatan SPAB yang pernah dilaksanakan oleh MDMC Bengkulu di beberapa sekolah antara lain di SD Muhammadiyah 1 Kota Bengkulu, SD Negeri 18 dan 89 Bengkulu Tengah, SMP Negeri 14 Bengkulu Tengah, SMP Negeri 15 dan 25 Kota Bengkulu serta SMAN 3 Muko-Muko.

Sedangkan pendampingan psikososial terhadap anak-anak penyintas dilaksanakan dalam giat tanggap darurat bencana banjir di Genting, Bengkulu Tengah.

“Penghargaan ini bisa menjadi penyemangat bagi rekan-rekan relawan Muhammadiyah atas sedekah waktu dan tenaganya selama ini dalam menebar manfaat kepada masyarakat. Semoga kedepannya nanti akan lebih maksimal dan dapat lebih meluaskan lagi manfaat dari program-program MDMC,” pungkas Agus. (Tim Media MDMC)

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Recent Posts
Langganan Berita dan Artikel dari MDMC

Untuk langganan update Berita dan Artikel terbaru dari MDMC, silahkan tuliskan nama dan alamat e-mail di bawah ini