Peduli Gempa Palu-Donggala, PMII Galang Dana, Muhammadiyah Terapkan OMOR

CIREBON–Masyarakat berinisiatif. Bahu membahu. Mengumpulkan materi untuk meringankan korban bencana alam di Palu dan Donggala, Sulawesi Selatan. Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Unswagati melakukan penggalangan dana di Jl Brigjen Dharsono (By Pass).

Ketua Komisariat PMII Unswagati Adam Zakaria mengatakan, lewat aksi ini diharapkan bisa terkumpul bantuan untuk bisa disumbangkan. Ia juga mengapresiasi banyaknya komunitas yang menggelar aksi serupa. “Tujuan utama kami kemanusiaan,” ujar Adam kepada Radar Cirebon.

Di tempat lain, Pimpinan Muhammadiyah dan Pimpinan Aisyiyah membuka posko penggalangan dana Muhammadiyah Disaster Management Center (Lembaga Penanggulangan Bencana Muhammadiyah).

Sekretaris MDMC Kota Cirebon, Ferry Johari menjelaskan, dengan sistem One Muhammadiyah One Respons (OMOR) aksi penggalangan dana ini dilakukan secara tersentral. Penggalangan dana ini nantinya akan diserahkan melalui satu pintu agar lebih terkooridnir. “Di Cirebon sudah dibuka. Ada Posko Bencana Aisyiyah di Jl Pilang Raya,” tuturnya.

Pihaknya juga memberikan fasilitas pick up bagi yang ingin memberikan bantuan, namun tak bisa ke posko. Saat ini beberapa yang dibutuhkan oleh korban antara lain obat-obatan, terpal, makanan, air, dan tissue basah. “Kami menerima bantuan apapun yang ingin disumbangkan,” katanya.

Selain bantuan materi, MDMC Cirebon juga akan mengirimkan relawan paramedis untuk membantu korban gempa di Palu. Sekretaris Aisyiyah Kota Cirebon Efa Nurzini Fazilet SPd berharap, dengan satu pintu seluruh Pimpinan Muhammadiyah dan Pimpinan Aisyiyah yang ada di berbagai kota di Indonesia pun langsung bergerak sejak gempa terjadi. ]

Di Jabar sendiri, lanjutnya, ada 27 posko yang menggalang dana. Diharapkan ini bisa membantu korban di sana. “Ini merupakan bagian dari tanggap bencana yang kami miliki, sehingga MDMC dan bidang KEsra Muhammadiyah dan Aiyiyah langsung terjun,” paparnya. (myg/apr)

Sumber : https://www.radarcirebon.com/peduli-gempa-palu-donggala-pmii-galang-dana-muhammadiyah-terapkan-omor.html