Peringati Hari Pohon Sedunia 2021, MDMC Garut Tanam Satu Juta Pohon

gerakan satu juta pohon

Garut, Jawa Barat. Dalam rangka memperingati Hari Pohon Sedunia yang jatuh pada 21 November 2021 dan sebagai rangkaian gebyar Milad Muhammadiyah ke-109, 18 November 2021, Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) Kabupaten Garut melakukan penanaman 1 juta pohon, Selasa (16/11).

Kegiatan tersebut dipusatkan di Pesantren Baitur Rohman Muhammadiyah Bayuresmi dan merupakan puncak rangkaian penanaman pohon yang sudah dilaksanakan sejak bulan Juni 2021 lalu. Untuk mensukseskannya, MDMC Garut menggandeng Ikatan Penyuluh Kehutanan Indonesia (IPKINDO) Garut.

Lokasi penanaman pohon tersebar di 42 titik lokasi yang terdiri dari 23 lokasi milik lembaga pendidikan, 13 lokasi lahan milik masyarakat dan 7 lokasi disalurkan melalui Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM).

Dalam laporan panitia pelaksana yang disampaikan oleh Ketua MDMC Garut, Aceng Hobir, disampaikan bahwa penanaman pohon ini merupakan upaya melestarikan kehidupan.

“Pohon ini akan menjadi salah satu manfaat untuk kehidupan masyarakat yang akan mendatang dan bisa menjadi amal jariayah untuk kita kelak,” kata Aceng Hobir.

Dalam kegiatan ini MDMC Garut juga mengundang perwakilan siswa SMA se-Kabupaten Garut. Ada 15 SMA yang mengirim masing-masing 10 orang siswa untuk mengikuti rangkaian kegiatan ini.

gerakan satu juta pohon
Pengurus MDMC Garut menyerahkan pohon kepada perwakilan siswa SMA se-Kabupaten Garut dalam acara penanaman satu juta pohon Penanaman satu juta pohon oleh MDMC Garut, yang dipusatkan di Pesantren Baitur Rohman Muhammadiyah Bayuresmi Selasa (16/11). Foto : MDMC Garut

Pelibatan para siswa ini menurut Aceng agar menjadi pembelajaran untuk generasi penerus. “Mereka adalah pemegang estafet kepemimpinan di masa depan,” imbuhnya.

Kegiatan ini juga dimaksutkan untuk mendukung program GTPP (Gerakan Tanam dan Pelihara 50 juta Pohon), program Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Barat.

Wakil Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Garut, Dudu Hermawan, dalam kesempatan tersebut mengatakan sangat mendukung kegiatan ini, karena memiliki nilai-nilai manfaat untuk keberlangsungan kehidupan.

“Kegunaan pohon dalam kehidupan manusia sangat banyak manfaatnya, seperti manusia mendapatkan oksigennya, sebagai benteng dalam kaitan banjir dan lain sebagainya,” kata Dudu.

Dudu menambahkan dalam perihal kebaikan untuk manusia, Muhammadiyah selalu dan menjadi garda terdepan. “Kita harus senantiasa menjadi orang yang bisa bermanfaat bagi orang lain,” ujar Dudu.

Asisten Daerah 1 Kabupaten Garut, Suherman, mengatakan rangkaian penanaman pohon ini harus juga dilakukan perawatan atau pemeliharaan. “Dua hal ini pasti akan berkaitan karena pohon tidak cukup hanya ditanam, tapi juga diperlukan perawatan serta pemeliharaan,” katanya.

Sambutan terakhir disampaikan oleh Naibul Umam dari MDMC PP Muhammadiyah. Dia mengungkapkan penanaman pohon yang dilakukan oleh MDMC dan LHPB juga dilaksanakan di beberapa wilayah tahun ini.

“Peringatan hari pohon ini menjadi salah satu upaya penyadaran bahwa manusia hidup didunia tidak hanya manusia sendiri, namun ada makhluk selain manusia yang memberikan manfaat bagi kehidupan,” ujar Naibul Umam

Kegiatan ini ditutup dengan rangkaian simbolis penanaman pohon dan pembagian pohon kepada para siswa untuk ditanam di sekolahnya masing-masing. (MDMC Garut)

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Recent Posts
Langganan Berita dan Artikel dari MDMC

Untuk langganan update Berita dan Artikel terbaru dari MDMC, silahkan tuliskan nama dan alamat e-mail di bawah ini