Relawan MDMC Ikut Pastikan Pencegahan Covid-19 di PON XX Papua

Relawan Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) siap bantu pencegahan di Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua akan digelar mulai 2 sampai 15 Oktober 2021.

Koordinator Bidang Organisasi MDMC PP Muhammadiyah, Nabiul Umam saat dikonfirmasi tentang keterlibatan relawan MDMC di PON XX Papua menuturkan, tugas relawan MDMC berkonsentrasi di Satuan Tugas Covid-19 di bawah tim Satgas Covid-19 BNPB.

Relawan tersebut akan bertugas di 4 lokasi tempat diselenggarakannya PON XX Papua, yakni di Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Merauke, dan Kabupaten Mimika. Personil yang bertugas merupakan kader-kader Muhammadiyah 4 lokasi tersebut.

“Jumlah relawan yang diminta oleh Satgas itu masing-masing organisasi itu sepuluh di setiap wilayah, karena bukan MDMC saja,” kata Umam.

Selain MDMC, BNPB juga menggandeng relawan yang berasal dari Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim Nahdlatul ‘Ulama, Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia, Radio Antar Penduduk Indonesia, Senkom, Organisasi Amatir Radio Indonesia, Badan Amil Zakat Nasional, Palang Merah Indonesia, BPBD Kabupaten Merauke.

Umam melanjutkan, selama gelaran PON XX Papua berlangsung, relawan bertugas diantaranya melakukan sosialisasi protokol kesehatan (prokes) di setiap venue pertandingan, membagikan masker, sosialisasi di luar venue bagi masyarakat umum, dan membantu satgas covid panitia PON XX Papua.

“Tugasnya dimulai pada tanggal 26 (September) sampai dengan 15 Oktober,” imbuhnya.

Selama pelaksanaan tugas kerelawanan di PON XX Papua, MDMC akan berkoordinasi dengan Bidang Koordinasi Relawan (BKR) BNPB. Umam juga memastikan bahwa setiap daerah tempat diselenggarakannya PON XX, sudah ada perwakilan koordinator dari MDMC untuk memastikan jalur koordinasi berjalan lancar.

Umam menjelaskan, bahwa MDMC akan menerjunkan sebanyak 52 relawan. Relawan-relawan tersebut merupakan kader-kader Muhammadiyah setempat. Oleh karena itu, demi menjamin lancarnya kegiatan MDMC juga berkoordinasi dengan Pimpinan Daerah Muhammadiyah di 4 daerah tersebut.

Sebab bergabung dengan banyak relawan dari organisasi lain, Umam berharap relawan MDMC bisa menunjukkan kualitas, kapasitas, kapabilitas, dan memadai dalam melaksanakan tugas. Kehadiran relawan juga diharapkan bisa menyukseskan PON XX Papua.

“Kita organisasi Muhammadiyah ikut memberikan dukungan bagi suksesnya PON,” pungkasnya. Sumber : muhammadiyah.or.id

Add a Comment

Your email address will not be published.