Satukan Langkah Hadapi Bencana, MDMC Kota Denpasar Gelar Pelatihan Relawan

Denpasar, Bali. Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) Kota Denpasar menyelenggarakan pelatihan peningkatan kapasitas relawan kebencanaan Muhammadiyah bertempat di SD Muhammadiyah 2 Denpasar, 4-6 Maret 2022.

Peserta sebanyak 30 orang relawan dari MDMC, Lazismu, Aisyiyah, Pemuda Muhammadiyah Kokam, Nasyiatul Aisiyah, Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah, Ikatan Pelajar Muhammadiyah, Hizbul Wathan, Tapak Suci dan utusan sekolah Muhammadiyah di Denpasar.

Pelatihan ini diselenggarakan sebagai tindak lanjut dari pelatihan peningkatan kapasitas lembaga MDMC yang diadakan oleh MDMC Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Bali beberapa waktu lalu di PDM Karangasem.

Edy Suprayitno, Ketua MDMC Kota Denpasar dalam keterangannya mengatakan kegiatan ini secara umum bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan dalam bidang manajemen kebencanaan dan sistem operasional Lembaga Penanggulangan Bencana yang bersifat integral dengan memperhatikan OMOR.

OMOR adalah singkatan dari One Muhammadiyah One Response, sebuah upaya koordinasi dan pelibatan berbagai unsur di Muhammadiyah dalam kegiatan penanggulangan bencana di bawah satu komando dari MDMC dengan dukungan dari Lazismu.

“Secara khusus untuk penguatan kapasitas pengurus, lembaga dan relawan penanggulangan bencana di tingkat Denpasar dan komitmen pengurus antar lembaga dalam peningkatan kapasitas manajemen penanggulangan bencana,” katanya.

Melalui pelatihan ini, Edy Suprayitno berharap adanya sepemahaman antar seluruh majelis atau lembaga yang ada di PDM Denpasar dalam hal terkait pemberdayaan dan pengerahan relawan penanggulangan bencana di Muhammadiyah.

“Kita banyak punya relawan, para guru dan pegawai sungguh sangat berpotensi sebagai relawan Muhammadiyah. Tinggal bagaimana pimpinan bisa dan mampu mengkomunikasikan potensi ini kepada seluruh guru dan pegawai di unit masing-masing," imbuhnya.

Sementara itu Ketua PDM Denpasar Husnul Fahmi, saat memberikan sambutan dan sekaligus membuka pelatihan memberikan pesan kepada seluruh peserta agar bersungguh-sungguh dalam mengikuti seluruh rangkaian kegiatan.

"Saya melihat wajah-wajah yang tidak asing dalam pelatihan MDMC ini, karena beberapa orang saya lihat juga dalam pelatihan yang diselenggarakan oleh Majelis Pendidikan Kader beberapa hari yang lalu. Artinya saya melihat semangat disini, jadi saya berpesan agar serius mengikuti pelatihan MDMC ini sampai selesai," ucap Husnul Fahmi.

Pelatihan diselenggarakan dengan berbagai metode yaitu ceramah, diskusi, praktek dan simulasi. Sedangkan materi-materi inti yang diberikan kepada peserta antara lain Manajemen Posko Tanggap Darurat, Bantuan Hidup Dasar, Management Logistik dan Distribusi serta simulasi. (Tim Media MDMC)

Add a Comment

Your email address will not be published.