Siapkan Kader Tangguh, MDMC Jateng Laksanakan Diklat SAR

Diklat SAR Kudus

MUHAMMADIYAH.ID, KUDUS — Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) Jawa Tengah melaksanakan pendidikan dan pelatihan (diklat) SAR Tingkat Dasar Gunung Rimba (jungle rescue) tahun 2019 pada 24-27 Januari 2019  di hutan Desa Colo, Kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus. Kegiatan ini diikuti oleh  81 peserta dari berbagai daerah di Jawa Tengah, Jawa Barat, Kalimantan Timur, Sulawesi Tengah, dan Banten.

Naibul Umam Eko Sakti, Ketua MDMC Jawa Tengah  menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari upaya MDMC Jawa Tengah dalam mempersiapkan kader-kader tangguh untuk menjadi tim SAR yang tangguh agar bisa diterjunkan setiap saat ketika dibutuhkan.

 “Sejak  tahun 2009 kami menggalakkan kegiatan diklat SAR bagi Angkatan Muda Muhammadiyah di seluruh Jawa Tengah, keikutsertaan mereka kami harapkan menjadi embrio terwujudnya kader persyarikatan yang handal dalam penanggulangan bencana,” katanya,” katanya. 

Adapun materi yang diberikan kepada para peserta yakni  Al-Islam dan Kemuhammadiyahan sebagai materi wajib, Dasar-Dasar Penanggulangan Bencana, Pertolongan Pertama Gawat Darurat, Mountainering dan Vertical Rescue, Navigasi Darat, Survival, Bivak, Manajemen Perjalanan Gunung dan Hutan, Komunikasi Lapangan serta Simulasi SAR. 

“Harapannya,  para peserta dapat mengikuti materi dengan penuh kedisiplinan dan tetap melaksanakan kewajiban sholat apapun kondisi tempat, pakaian dan badan mereka,” harapnya. (nisa)

Sumber: Sapari http://m.muhammadiyah.or.id/id/news-15856-detail-siapkan-kader-tangguh-mdmc-jateng-laksanakan-diklat-sar.html