Tambah Satu Pos Pelayanan, MDMC Optimalkan Pelayanan kepada Warga Terdampak Bencana

 

PWMJATENG.COM, PALU – Lembaga penanggulangan Bencana ( LPB ) Muhammadiyah Disaster Manajemen Center (MDMC) Kembali membuka satu pos pelayanan di Tawaelidonggala-Palu Sulawesi tengah sebagai respon bencana gempa dan tsunami yang menimpa wilayah Palu dan sekitarnya pada Jum’at ( 28/09 ).

Pos Pelayanan terbaru dibawah Pos Koordinasi yang berada di Unismuh menyediakan layanan Psikososial, Logistik, Hunian dan segera menyusul layanan Medis. Sebelum tim resmi MDMC datang, pelayanan sudah di tangani oleh pemuda Muhammadiyah Sulawesi Tengah dan dengan demikian semakin menguatkan untuk bisa mendampingi warga yang terdampak bencana.

Tahap pertama, terpasang 100 tenda untuk 421 jiwa dengan 110KK. Mereka berjibaku dengan warga setempat untuk membangun tenda darurat. Sebelumnya, ratusan warga tidur di tenda-tenda yang bertempat di lapangan desa dengan beratapkan terpal seadanya, yang punya Terpal bagus terasa nyaman, berbeda halnya dengan warga yg tidak punya sama sekali maka saat hujan tiba mereka akan menumpang di tenda tetangga.

Bencana gempa dan tsunami yg disusul likuifaksi menimpa Sigi, Donggala dan Palu menelan korban tidak kurang dari lima ribu jiwa yang tersebar di beberapa titik di Sulawesi tengah, sampai saat ini meskipun masa tanggap darurat telah berakhir, tim LPB-MDMC masih bertahan sampai dua bulan Kedepan dengan berbagai program untuk rehabilitasi warga terdampak bencana.

Salah satu program garapan yang akan di launching 10 Nopember nanti adalah Hunian Sementara, Muhammadyah melalui MDMC telah menyiapkan kurang lebih lima ratus Hunian Sementara yang akan di sebar di beberapa titik layanan sebagai penggantinya dari Hunian Darurat yang sudah terdistribusi seribu lebih yg tersebar di sembilan Posyan.

” Kami buka pos pelayanan disinj karena tuntutan, dimana kami harus lebih dekat dengan warga terdampak sehingga pelayanan dari Muhammadiyah lebih optimal.”. Rifqi, Koordinator Posyan menuturkan.

” Optimalkan pelayanan, karena ini amanah persyarikatan, dan warga Muhammadiyah yang sudah memberikan donasi lewat LazisMU, selain itu jaga kondisi dan stamina teman-teman yang bertugas, bekerjalah dengan serius tapi santai sehingga tenaga tidak terkuras atau jangan sampai jatuh sakit.” Faruq, Koordinator MDMC respon Palu memberi nasehat saat visitasi dan evaluasi di halaman pos pelayanan.(hans-mdmc)

Sumber: http://pwmjateng.com/tambah-satu-pos-pelayanan-mdmc-optimalkan-pelayanan-kepada-warga-terdampak-bencana/

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Related Post

Recent Posts
Langganan Berita dan Artikel dari MDMC

Untuk langganan update Berita dan Artikel terbaru dari MDMC, silahkan tuliskan nama dan alamat e-mail di bawah ini