Tingkatkan Kapasitas Manajemen Logistik, MDMC Bekerja Sama dengan ITL Trisakti Jakarta dan HELP Singapore

Yogyakarta (27/7) – Institut Transportasi dan Logistik (ITL) Trisaksi Jakarta lakukan kunjungan sekaligus kerjasama dengan Lembaga Resiliensi Bencana (LRB) atau Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) guna meneliti kapasitas sistem manajemen logistik yang juga didukung oleh HELP Logistics Singapore pada 24 – 26 Juli 2023 lalu. Kunjungan tersebut bertujuan untuk menilai kapasitas manajemen logistik dan pergudangan yang ada di MDMC dalam hal bantuan kemanusiaan pada bencana.

[caption id="attachment_10625" align="aligncenter" width="800"]Manajemen Logistik Peningkatan Kapasitas Manajemen Logistik MDMC gandeng ITL Trisakti dan HELP Logistics Singapore[/caption]

Kegiatan yang dilaksanakan selama 3 hari tersebut dilaksanakan di kantor dan gudang MDMC yang di ikuti langsung oleh 3 orang tim dari ITL Trisakti Jakarta, 1 orang dari HELP Logistics Singapore dan 3 orang staf MDMC.

Adapun rangkaian kegiatan visitasi berupa penilaian sistem manajemen logistik yang meliputi kunjungan dan observasi gudang, pengumpulan data, diskusi data analisis, briefieng cakupan misi program, finalisasi tindaklanjut hasil penelitian dan pembagian tanggung jawab dalam program.

HELP Logistics Singapore melakukan penilaian secara langsung di gudang MDMC mulai dari penilaian procurement sampai dengan bantuan logistik diterima kepada beneficeries atau penerima bantuan. Selain itu penilaian juga dilihat dari bukti laporan program yang ada di logistik, penilaian visual gudang, administrasi hingga pemahaman tim MDMC tentang sistem logistik yang sudah diterapkan saat ini.

Menurut Wakil Sekretaris MDMC PP Muhammadiyah, Barori Budi Aji bahwa kerja sama tersebut diharapkan dapat meningkatkan kapasitas sistem manajemen logistik MDMC sampai memenuhi standar dan mampu menjadi rujukan dalam Humanitarian Logistic di Indonesia maupun Asia.

“MDMC selama ini sudah menggunakan sistem Humanitarian Logistic yang biasa diterapkan dalam standar bantuan kemanusiaan namun begitu, tingkat standar yang dimiliki oleh MDMC masih belum memenuhi maka perlu upaya optimalisasi pencapaian penilaian logistik, sehingga disini kita mengetahui mana yang kurang dan perlu di-upgrade” serunya.

Meski begitu, pada periode sebelumnya MDMC telah lebih dulu melakukan kunjungan di lembaga mitra di tingkat nasional maupun internasional terkait manajemen logistik kebencanaan. Adapun hasil penilaian dari kunjungan ITL Trisakti Jakarta tersebut akan berupa rekomendasi dan rencana aksi tindak lanjut kerja sama antara ITL Trisakti Jakarta, MDMC dan HELP Logistics Singapore.

“Rencana atau keluaran visitasi akan dilaporkan kepada pimpinan MDMC dan HELP Logistics akan membahas tindak lanjut peningkatan apa yang akan dilakukan untuk MDMC” tutup Barori.(MDMC)

Add a Comment

Your email address will not be published.